Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan sang istri, Fery Farhati menyempatkan diri melukis sebuah taman saat mengunjungi fasilitas Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu.

Kedatangan orang nomor satu di DKI Jakarta ini dalam rangka meresmikan taman yang dibangun oleh pihak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

Baca juga: Anies harapkan taman literasi dapat bantu industri perbukuan

Dari pantauan di lokasi, Anies beserta istri tiba di lokasi kegiatan sekitar pukul 16.26 WIB.

Terlihat Anies mengenakan pakaian kemeja berwarna putih dipadukan dengan rompi berwarna biru khas pejabat DKI Jakarta dan Fery Farhati juga terlibat mengenakan pakaian kebaya serba biru yang langsung disambut oleh beberapa pejabat MRT Jakarta.

Tidak hanya itu, Anies juga langsung disambut oleh tim penari yang sudah bersiap-siap di depan pintu gerbang utama taman.

Setelah sambutan itu selesai, Anies langsung melangkah ke beberapa gerai foto dan gambar yang dipasangkan di depan pintu depan taman. Gambar tersebut menjelaskan denah dan penjelasan terkait taman yang akan diresmikan ini.

Baca juga: Anggota DPR ingatkan penjabat gubernur DKI selesaikan program Anies

Lepas dari lokasi itu, Anies pun masuk dan langsung berbelok ke arah kanan. Di sana Anies langsung menyambangi tempat buku yang disediakan untuk pengunjung taman.

Beberapa buku pun sempat ditengok Anies sebelum akhirnya dia beranjak ke lokasi lain. Setelah selesai dari tempat buku, Anies berjalan ke arah sisi taman yang berhadapan dengan stasiun MRT Blok M BCA.
 
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Direktur CV Sagung Seto, Miyoto di dalam kawasan Literasi Martha Christina Tiahahu, Blok M, Jakarta Barat, Minggu (18/9/2022). ANTARA/Walda Marison/am.


Di sana Anies melihat area bermain anak yang tersedia di area taman. Area taman tersebut terlihat sudah rapih dan dilengkapi dengan beberapa wahana bermain anak.

Lepas dari area taman, Anies beserta rombongan langsung melangkahkan kaki ke lokasi layar kode batang (barcode) Titik Baca Perpustakaan Jakarta yang berada tepat di samping.

Anies bahkan sempat mengeluarkan telepon seluler untuk mencoba langsung kode batang Titik Baca itu.

Dengan barcode Titik Baca ini, warga bisa mengakses lebih dari 300 koleksi buku yang terhubung langsung dengan Perpustakaan DKI Jakarta.

"Caranya mudah sekali, tinggal kita scan barcodennya, dan pilihan buku pun bisa langsung masuk ke dalam handphone," kata Direktur CV Sagung Seto, Miyoto.

Titik baca ini disediakan tiga titik di lokasi taman dengan radius koneksi 100 meter hingga 200 meter.

"Jadi kalau dari jarak 100 sampai 200 meter dari titik barcode, dia masih bisa baca buku yang disediakan di sini," tutur Martha dia.

Setelah selesai, pihaknya langsung beranjak ke beberapa fasilitas lain yang disediakan taman sambil menunggu dimulainya acara peresmian Taman Literasi Martha Christina Tiahahu.

Baca juga: Anggota DPRD DKI minta Anies perbaiki jalan rusak di Kelapa Gading

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022