Ada 156 penumpang tiba di Pekanbaru pada penerbangan perdana. Mereka disambut oleh prosesi water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran Bandara SSK II Pekanbaru.
Pekanbaru (ANTARA) - Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru membuka layanan penerbangan internasional langsung rute Kuala Lumpur - Pekanbaru oleh maskapai Malaysia Airlines.

Eksekutif General Manager Bandara SSK II Pekanbaru M Hendra Irawan di Pekanbaru, Senin, menjelaskan penerbangan internasional Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH-841 ini telah mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru dari Kuala Lumpur pada Ahad, 18 September 2022, pukul 17.50 WIB.

"Ada 156 penumpang tiba di Pekanbaru pada penerbangan perdana. Mereka disambut oleh prosesi water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran Bandara SSK II Pekanbaru," kata M. Hendra Irawan.

Baca juga: AP II ungkap indikator kebangkitan penerbangan di Indonesia

Penumpang juga disambut secara simbolis dengan pengalungan bunga oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Provinsi Riau Savitri Handayani dan pemberian cenderamata oleh EGM Bandara SSK II M Hendra Irawan kepada pilot dan pramugari Malaysia Airlines.

Selain menambah pilihan destinasi bagi masyarakat yang akan berpergian ke Malaysia, PT Angkasa Pura II juga berharap penerbangan tersebut akan menjadi bagian dari upaya pemulihan konektivitas jalur udara antara Indonesia dan Malaysia.

"Sekaligus bentuk peran aktif pengelola bandara sebagai salah satu stakeholder pariwisata nasional," kata Irawan.

Baca juga: Menhub: Bandara Kertajati bersiap layani penerbangan penumpang

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Riau Savitry Handayani menambahkan bahwa dengan dibukanya kembali direct flight dari Kuala Lumpur - Pekanbaru oleh Malaysia Airlines akan memberikan semangat baru bahwa tingkat kunjungan wisatawan mancanegara asal Malaysia akan semakin meningkat.

"Setelah mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru, pesawat Malaysia Airlines tersebut berangkat kembali ke Kuala Lumpur dengan membawa 158 penumpang menggunakan nomor penerbangan MH-840 pada pukul 19.50 WIB," tukasnya.

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Vera Lusiana
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022