"Komitmen bersama melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kejari Parepare dan Kejari Barru ini untuk menguatkan komitmen kerjasama di bidang hukum," kata Divison Head Operation Pelindo Regional 4 Yusida M Palesang di Makassar Senin.
Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Parepare memperkuat komitmen kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Barru dan Parepare terkait penanganan masalah hukum perdata dan tata usaha negara.

"Komitmen bersama melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kejari Parepare dan Kejari Barru ini untuk menguatkan komitmen kerjasama di bidang hukum," kata Divison Head Operation Pelindo Regional 4 Yusida M Palesang di Makassar Senin.

Penandatanganan MOU tersebut dihadiri Departemen Hukum dan Humas Pelindo Regional 4 Erisanty, General Manager Pelindo Regional 4 Parepare Sardi bersama Kepala Kejaksaan Negeri Barru, Taufik Jalal dan Kepala Kejaksaan Negeri Parepare yang diwakili Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Adrianus.

Menurut Yusida, kerjasama ini bukan yang pertama kali dilakukan pihaknya dengan Kejari Parepare namun untuk Kejari Barrru ini baru yang pertama kali sejak Juni 2022 Pelindo Regional 4 sudah resmi dan secara total mengoperasikan Pelabuhan Laut Garongkong di Kabupaten Barru.

Karena itu, lanjut dia, pihaknya sangat mengharapkan dukungan dari Kejari Barru terutama untuk masalah-masalah Perdata di pelabuhan. Namun dia tetap berharap tidak ada masalah yang terjadi dalam pengoperasian Pelabuhan Garongkong ke depannya.
 
Suasana penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pihak Pelindo Regional 4 dengan Kejari Barru dan Kejari Parepare untuk kerjasama pemagangan masalah hukum perdata dan tata usaha negara. Antara/ HO - Pelindo Regional 4


Sementara itu, General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Parepare, Sardi menuturkan, selama ini koordinasi pihaknya dengan Kejari Parepare sudah cukup intens. Hal yang sama juga diharapkan dengan Kejari Barru.

Sardi mengatakan, sejak awal Juli 2022 pengoperasian Pelabuhan Garongkong telah resmi diserahterimakan kepada Pelindo dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan.

Berkaitan dengan hal itu diharapkan sebelum Mei 2023 Pelindo sudah menanam investasi di pelabuhan yang banyak menangani kegiatan curah kering. Apalagi Pelabuhan garongkong juga bakal terintegrasi dengan jalur rel kereta api.

"Kami butuh dukungan lebih banyak dari pemangku kepentingan terkait terutama pihak Kejari Barru," katanya.

Kepala Kejari Barru Taufiq Djalal mengatakan, meskipun kerjasama dengan Pelindo ini merupakan hal yang barul bagi pihaknya, tetapi dia bersama tim akan berusaha semaksimal mungkin mengimplementasikan kesepakatan yang tertuang dalam MOU yang telah disepakati dan ditandatangani bersama.

Sementara itu, kasih Datun Kejari Parepare Adrianus mengatakan, pihaknya berharap agar MoU yang telah ditandatangani bersama ini segera ditindaklanjuti dengan tindakan mitigasi lainnya sehingga dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022