Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa jatuh pada pembukaan perdagangan Senin, terseret penurunan ekuitas teknologi, dalam awal pekan yang suram yang diperkirakan akan melihat kenaikan suku bunga besar oleh Federal Reserve (Fed) AS.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa melemah 0,4 persen, mencapai level terendah dalam dua bulan, sementara indeks sektor teknologi yang peka terhadap suku bunga merosot turun 0,6 persen.

Semua mata minggu ini akan tertuju pada Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), badan pengatur suku bunga bank sentral AS, yang akan mengumumkan keputusannya pada Rabu (21/9/2022). Sebagian besar analis memperkirakan akan memberikan kenaikan 75 basis poin ketiga berturut-turut.

Baca juga: Saham Eropa dibuka jatuh, tertekan peringatan resesi & bunga The Fed

Pasar Eropa menutup kinerja mingguan terburuk mereka dalam tiga bulan pada Jumat (16/9/2022) di tengah meningkatnya kekhawatiran resesi di tengah pengetatan bank sentral yang agresif.

Saham Volkswagen menguat 0,4 persen karena melihat penilaian hingga 75 miliar euro (75,1 miliar dolar AS) untuk pembuat mobil sport mewah Porsche, dalam apa yang akan menjadi penawaran umum perdana (IPO) terbesar kedua di Jerman dalam sejarah.

Baca juga: IHSG awal pekan menguat, investor menanti pertemuan Bank Indonesia
Baca juga: Saham China dibuka melemah, Indeks Shanghai turun 0,12 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022