Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur menyebutkan bahwa penerima bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) di daerah itu mencapai 41.352 keluarga penerima manfaat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur Elfiandi, di Aceh Timur, Senin, mengatakan puluhan ribu keluarga yang menerima bantuan BLT subsidi BBM tersebut tersebar di 24 Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur.

"Data keluarga penerima BLT BBM itu berasal dari data terpadu kesejahteraan sosial Aceh Timur yang sebelumnya mendapatkan program, di antara bantuan sembako, program keluarga harapan (PKH) dan non PKH," kata Elfiandi.

Ia mengatakan bantuan itu disalurkan ke setiap keluarga penerima manfaat sebesar Rp150 ribu setiap bulan selama empat bulan, terhitung September hingga Desember 2022.

Baca juga: Jumlah penerima BLT BBM di NTB bertambah 475 ribu orang

Baca juga: Kantor Pos Kudus antarkan BLT BBM ke rumah KPM yang sakit


"Jadi, total bantuan yang diterima setiap keluarga penerima manfaat sebesar Rp600 ribu. Bantuan itu disalurkan dengan dua tahap, setiap dua bulan sekali," kata Elfiandi.

Penyaluran bantuan tersebut dibagi di enam titik kantor pos yang tersebar di Kecamatan Simpang Ulim, Kecamatan Julok, Kecamatan Darul Aman, Kecamatan Idi Rayeuk, Kecamatan Peureulak, dan Kecamatan Bireum Bayeun.

"Penyaluran bantuan tersebut sudah berlangsung selama sepekan terakhir untuk dua bulan yaitu sebesar Rp300 ribu per keluarga penerima manfaat," kata Elfiandi.

Dia mengharapkan keluarga penerima manfaat yang menerima bantuan langsung tunai dari pemerintah tersebut memanfaatkan dana diterima dengan sebaik mungkin.

"Kami juga mengingatkan masyarakat dalam penyaluran tetap menerapkan protokol kesehatan saat penyaluran bantuan, seperti menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna mencegah penularan dan penyebaran COVID-19," kata Elfiandi.*

Baca juga: Pemkab Sigi: 84 persen KPM telah menerima BLT BBM

Baca juga: Dinsos sebut Kendari dapat tambahan 1.488 KPM untuk BLT BBM

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022