Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan sebanyak 26.768 warga di kabupaten kepulauan tersebut sudah menerima vaksin COVID-19 dosis ketiga atau penguat pertama.

"Sebanyak 26.768 warga atau 37,4 persen dari sasaran 71.537 orang di Kabupaten Simeulue sudah divaksinasi COVID-19 dosis ketiga," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Hanafi Lubis di Simeulue, Senin.

Hanafi Lubis mengatakan capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga tersebut masih di bawah target nasional. Hal itu karena rentang waktu pemberian vaksin dosis kedua dan ketiga harus enam bulan.

"Kendati masih di bawah target nasional, kami optimis capaian vaksinasi dosis ketiga bisa terpenuhi pada tahun ini. Karena itu, kami terus menggencarkan program vaksinasi kepada masyarakat," kata Hanafi Lubis.

Baca juga: Satgas COVID-19 Simeulue fokus vaksinasi dosis penguat

Baca juga: Satgas: Simeulue nihil kasus COVID-19 selama libur Lebaran


Menyangkut capaian vaksinasi vaksin COVID-19 secara keseluruhan, Hanafi Lubis mengatakan untuk dosis pertama sudah mencapai 100 persen atau sebanyak 71.537 orang. Dan dosis kedua mencapai 86,9 persen atau 62.140 orang.

Hanafi Lubis mengimbau masyarakat yang belum mendapatkan vaksin COVID-19 dosis lengkap agar segera mendatangi fasilitas kesehatan guna mengikuti vaksinasi.

Selain itu, dia juga mengingatkan masyarakat di kabupaten kepulauan tersebut untuk tetap mewaspadai penularan dan penyebaran COVID-19.

"Selalu waspada dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan termasuk menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari COVID-19. Dan yang terpenting ikuti vaksinasi vaksin COVID-19 dosis lengkap. Vaksin tersebut untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari COVID-19," kata Hanafi Lubis.*

Baca juga: Satgas: Simeulue nihil kasus COVID-19

Baca juga: Satgas: 24 warga Pulau Simeulue-Aceh positif COVID-19

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022