Lubukbasung (ANTARA) -
Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Agam, Sumatera Barat telah menyusun calon anggota legislatif sejak dini dalam upaya meraih kemenangan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.
 
"Caleg dini itu tersebar di enam daerah pemilihan dan sudah terisi sekitar 75 persen," kata Sekretaris DPD PAN Agam, Hendrizal di Lubukbasung, Senin.
 
Ia mengatakan komposisi Caleg dini itu berasal dari anggota fraksi, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, milenial dan lainnya.
 
Dalam waktu dekat, tambahnya, seluruh daerah pemilihan tersebut sudah terisi semuanya.
 
"Proses masih berjalan dan dalam waktu dekat sudah terisi semuanya," katanya.
 
Ia mengatakan ini salah satu upaya untuk meraih kemenangan pada Pileg 2024, selain sosialisasi dan pengkaderan.
 
DPD PAN Agam menargetkan meraih 10 kursi di DPRD Agam pada Pileg 2024, sehingga bisa mengusung calon bupati pada Pilkada 2024.
 
Target tersebut meningkat sebanyak empat kursi, karena Pileg sebelumnya hanya meraih enam kursi atau satu kursi setiap daerah pemilihan.
 
Empat kursi tambahan berpotensi diperoleh di daerah pemilih satu meliputi Kecamatan Lubukbasung dan Tanjungmutiara, Dapil tiga meliputi Kecamatan Kamangmagek Tilatangkamang dan Palupuh.
 
Setelah itu di Dapil empat meliputi Kecamatan Baso, Ampekangkek dan Canduang, Dapil lima meliputi Kecamatan Sungaipua, Banuhampu, Ampekkoto dan Malalak.
 
"Tidak kemungkinan Dapil dua dan Dapil enam meraih dua kursi nantinya. Ini sesuai keinginan Ketua DPD PAN yang juga Bupati Agam Andri Warman dan kader PAN harus menjadi pemenang pada Pemilu 2024," katanya.
 
Ia optimistis partai berlambang matahari itu menjadi peroleh suara terbanyak nantinya, karena dengan solidnya kader ditingkat DPD, DPC, Ranting, Rayon dan ditambah strategi yang dilakukan.
 
"Kita juga telah melakukan konsolidasi ditingkat ranting telah dilakukan," katanya.

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022