Samarinda (ANTARA) - Sebanyak 18 kontingen mobil hias dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti pawai kendaraan hias dalam rangka menyemarakkan agenda Temu Karya Taman Budaya (TKTB) XXI Tahun 2022 di Samarinda, Kalimantan Timur.

Pawai kendaraan tersebut dilepas Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi bersama Sekretaris Jenderal Direktorat Kebudayaan Kemendikbud RI Fitra Arda di Halaman Kantor Disdikbud Prov Kaltim, Senin 19 September 2022.

Pawai kendaraan hias tersebut diawali oleh kontingen Taman Budaya Kalimantan Timur selaku tuan rumah dan kemudian diikuti 17 kontingen Taman Budaya provinsi lainnya di Indonesia.

"Kita bangsa yang besar dengan keberagaman seni dan budaya meliputi seluruh nusantara, maka kewajiban kita untuk menjaga, melestarikan bahkan mengembangkannya secara baik," kata Wagub Hadi Mulyadi di depan ratusan peserta pawai hias.

Baca juga: Kaltim tuan rumah Temu Karya Taman Budaya Nasional

Baca juga: "If You Could See Me Now" karya koreografer Belanda tampil di Jambi


Wagub mengatakan acara temu Karya Taman Budaya di Samarinda ini merupakan bagian dari silaturahmi nasional bagi pelaku dan penggiat budaya di Indonesia.

Selain itu, kegiatan nasional ini menjadi sangat penting sebab bagian dari menghidupkan perekonomian sekaligus melestarikan budaya bangsa.

"Semoga dalam pertemuan ini menjadi upaya bersama menjunjung tinggi kebesaran budaya bangsa yang sangat luar biasa, sehingga memberi dampak peningkatan ekonomi bangsa pasca dilanda pandemi selama dua tahun lalu," kata Hadi Mulyadi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Direktorat Kebudayaan Kemendikbud RI, Fitra Arda mengemukakan Temu Karya Taman Budaya sebagai upaya membuka ruang untuk bisa bersama-sama mengaktualisasikan diri mereka (penggiat dan pelaku budaya) untuk tetap berkarya.

Fitra Arda menambahkan bahwa pihak kementerian selama ini memberikan bantuan kepada para pelaku dan penggiat budaya, tapi tidak dalam bentuk bantuan tunai.

"Kita bantu mereka melalui program. Ya, nilainya kisaran Rp70 juta hingga Rp90 juta, sehingga mereka tetap berkarya dan menghasilkan karya-karya yang membanggakan, disamping tetap bisa mempekerjakan orang-orang yang ikut terlibat di dalamnya," ucapnya.

Temu Karya Taman Budaya tahun ini diikuti 32 taman budaya seluruh Indonesia bertema Berkreasi Pulihkan Ekonomi Negeri, Jiwa dan Raga Spirit Nusantaraku digelar selama lima hari (19-23 September) dipusatkan di Taman Budaya Samarinda.

Hadir Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Muhammad Kurniawan, Wakil Ketua TP PKK Kaltim Hj Erni Makmur, pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim, kepala dan perwakilan Taman Budaya dari 32 provinsi peserta TKTB 2022.

Adapun 18 provinsi pawai mobil hias dari 32 provinsi peserta TKTB 2022 yakni Kalimantan Timur (tuan rumah), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Maluku, DI Yogyakarta, Bengkulu, Jawa Timur, Jawa Tengah, Aceh, Banten, Sulawesi Tenggara, Lampung, Jambi, Sulawesi Tengah, Riau dan Sulawesi Selatan.

Rute pawai mobil hias TKTB 2022 dimulai Jalan Basuki Rahmat, Taman Samarendah, Jalan Awang Long, Jalan Gajah Mada, Jalan Niaga Timur, Jalan Sebatik, Jalan Imam Bonjol, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Lambung Mangkurat, Jalan Kemakmuran dan berakhir di Taman Budaya Samarinda.*

Baca juga: Karya Djoko Pekik ikut dipajang di pameran seni lukis nasional Kalsel

Baca juga: Ancol kenalkan kreativitas kekayaan intelektual baru di Jakarnaval

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022