Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Riau (UMRi) menjajaki kerja sama dengan Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir, di bidang penelitian, seminar, pengabdian dosen pada studi keislaman dan studi lainnya guna meningkatkan kualitas SDM pengajar.

"Hal ini menindaklanjuti inisiasi Gubernur Riau Syamsuar yang sedang memfasilitasi UMRI dengan Universitas Al-Azhar, Kairo. Hal ini disambut dengan baik oleh UMRI," kata Rektor UMRi Dr H Saidul Amin MA dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Menurut Saidul, untuk kerja sama konkretnya nanti ada bidang yang menangani khusus urusan internasional di UMRI untuk mempersiapkan segala kebutuhan sehingga kerja sama yang akan dijalin lebih mengerucut dan detil.

Baca juga: UMRI siapkan kajian ilmiah pengembangan "agroforestry" di Siak

Ia mengatakan, kerja sama dengan Universitas Al-Azhar, Kairo, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen. Apalagi, UMRi memiliki 3 fokus studi keilmuan agama Islam, yakni Fakultas Studi Islam dengan Prodi S1 Psikologi Islam, S1 Perbankan Syariah, dan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

"Kita akan tindaklanjuti dan menjajaki lebih dalam lagi kerja sama tersebut, dan Gubernur Syamsuar merupakan Badan Pembina Harian (BPH) UMRi sehingga kepedulian dan inisiasi beliau harus ditindaklanjuti," katanya.

Baca juga: UMRI tugaskan 10 dosen ikuti pendidikan S3

Selain 3 studi keilmuan agama Islam itu, UMRi saat ini menyelenggarakan pendidikan dengan berbagai pilihan disiplin ilmu yang tersebar di beberapa fakultas, di antaranya Fakultas Teknik dengan Prodi S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Kimia, dan D3 Mesin Otomotif, Fakultas MIPA dan Kesehatan dengan Prodi S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Kimia, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, dan S1 Farmasi.

Kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Prodi S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, dan D3 Keuangan Perbankan, Fakultas Ilmu Komputer dengan Prodi S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dengan Prodi S1 Ilmu Komunikasi dan S1 Hubungan Masyarakat.

Baca juga: Umri menguji kompetensi baca Al Quran bagi 2.093 mahasiswa

Selanjutnya Fakultas Hukum dengan Prodi S1 Ilmu Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Teknik Informatika, S1 IPA, dan S1 Pendidikan Vokasional Elektronika.

Pewarta: Frislidia
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022