Jakarta (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah menggelar pelatihan dasar bagi calon CPNS BKKBN dengan mendekatkan teknologi informasi pada peserta guna wujudkan smart governance sesuai amanat undang-undang.

“Sebagai pelayan masyarakat, Pegawai Negeri Sipil di era revolusi industri 4.0 harus dapat responsif terhadap perkembangan teknologi yang kini memasuki tantangan fenomena disruptive innovation,” kata Sekretaris Utama BKKBN Tavip Agus Rayanto dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kemenperin selenggarakan pelatihan dasar CPNS 2021

Tavip menyebutkan, sebanyak 333 orang CPNS di lingkup BKKBN mengikuti pelatihan dasar tersebut. Dengan rincian 276 orang CPNS golongan III dan 57 orang Golongan II, sebagai upaya membentuk fondasi PNS yang kuat, profesional dan karakternya dibentuk oleh sikap dan perilaku bela negara.

Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 9 September-26 Desember 2022 itu, diselenggarakan secara distance learning karena COVID-19. Pelatihan akan menuntut seluruh CPNS memiliki literasi digital, sehingga dapat aktif, adaptif, fleksibel dan selalu berinovasi mengikuti perkembangan teknologi, sesuai dengan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 10 Tahun 2021.

Baca juga: Cegah COVID-19, LAN gelar pelatihan dasar CPNS "blended learning"

“Peserta Pelatihan akan diminta berpartisipasi aktif pada tiap tahapan penyelenggaraan pelatihan dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dikombinasikan dengan pembelajaran yang terintegrasi secara nasional dalam sistem informasi pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN), yang telah dikembangkan oleh Lembaga Administrasi Negara,” kata Tavip.

Tavip menambahkan, penguatan literasi digital para peserta, juga diikuti dengan pembentukan akrakter PNS yang difokuskan ke dalam empat agenda yakni sikap perilaku bela negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, kedudukan dan peran PNS untuk mendukung terwujudnya smart governance dan habituasi.

Baca juga: BNNP sosialisasikan bahaya narkoba pada Pelatihan Dasar CPNS Kemenkeu

BKKBN juga membentuk nilai dasar PNS dengan Core Value ASN yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo pada tahun 2021 yaitu BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

“Saya berharap, internalisasi Core Value BerAKHLAK tidak hanya untuk mendukung dan meningkatkan kompetensi serta pencapaian kerja individu, namun juga mendukung pelayanan publik BKKBN kepada masyarakat sesuai employer branding ASN ‘Bangga Melayani Bangsa’,” ujarnya.

Baca juga: BKN: Materi soal radikalisme masuk dalam pelatihan dasar CPNS
Baca juga: Ratusan CPNS Madiun ikuti diklat karakter wujudkan birokrasi Pancasila


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022