Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah dokumentasi berisi tiga orang sedang memegang ponsel iPhone sambil menunjukkan perut bagian kanan, beredar di media sosial sejak pekan kedua September 2022.

Wajah ketiga orang tersebut tampak sumringah walau tertempel perban layaknya bekas luka bedah, pada masing-masing perut bagian kanan ketiga orang di foto tersebut. 

Menurut sejumlah unggahan di Twitter, orang-orang dalam gambar itu rela menjual ginjal demi mendapatkan ponsel terbaru yang dikelurakan perusahaan teknologi Apple, yakni iPhone 14 dan iPhone 14 Pro Max.

"Demi HP iPhone 14 sampe jual ginjal," demikian isi keterangan yang dicuitkan seorang pengguna Twitter.

Namun, benarkah foto tiga orang itu terkait dengan penjualan ginjal untuk mendapatkan iPhone 14?
 
Tangkapan layar foto yang dikaitkan dengan narasi jual ginjal demi iPhone 14 (Facebook)


Penjelasan:
Foto asli yang ramai dimuat di media sosial tersebut merupakan unggahan di Facebook milik sebuah klinik kecantikan di Laos. Saat ditelusuri, unggahan aslinya telah dihapus.

Melansir Dailystar foto tersebut hanya digunakan sebagai parodi, menanggapi tingginya harga jual iPhone serta sebagai "gimmick" pemasaran.

Pusat Donasi Organ Palang Merah Thailand juga membenarkan foto tersebut tidak terkait dengan perdagangan organ.

Walau demikian, Palang Merah Thailand mengutuk aksi parodi itu dan menyebutnya sebagai aksi tidak bermoral.

Laporan ANTARA mencatat di Inggris misalnya harga iPhone 14 dipasarkan mulai dengan harga 849 poundsterling (Rp14,6 juta) berbeda saat iPhone 13 dirilis yang dipasarkan mulai 779 poundsterling (Rp13,3 juta).

Di Amerika Serikat, iPhone 14 dipasarkan seharga 779 dolar AS (Rp11,9 juta) dan merupakan harga yang sama seperti saat iPhone 13 dirilis.

Contoh selanjutnya adalah di Jepang, harga penjualan iPhone 14 di Jepang dimulai dari 119.800 yen (Rp12,4 juta) naik 21.000 yen dari penjualan iPhone 13 di tahun lalu yang dipasarkan mulai 98.800 yen (Rp10,2 juta).

Klaim: Foto jual ginjal demi iPhone 14
Rating: Hoaks parodi

Baca juga: iPhone 14 pakai "chip" Qualcomm, diklaim bisa terkoneksi ke satelit

Baca juga: iPhone 14 versi Pro Max makin laris dibanding generasi sebelumnya

Baca juga: iPhone 14 dan iPhone 14 Plus tidak gunakan prosesor terbaru Apple

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022