Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur berupaya mengurangi polusi udara melalui pembangunan empat taman baru sebagai area ruang terbuka hijau.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin, mengatakan keempat taman itu adalah Taman Maju Bersama (TMB) Cilangkap, TMB PKP Ciracas, TMB Sutoyo Kramat Jati, dan TMB Pondok Ranggon.

Baca juga: Gulkarmat Jaktim evakuasi ODGJ yang kakinya tersangkut di bangku taman

"Nanti sekalian peresmiannya serentak 100 TMB oleh pak Gubernur," kata Djauhar Arifin di Jakarta, Senin.

Djauhar menambahkan rencananya peresmian taman maju bersama itu akan dilaksanakan pada 25 September 2022 bertempat di Taman Delonix, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Djauhar mengatakan dari empat taman tersebut hanya TMB Sutoyo yang masih dalam proses penyelesaian tahap akhir, sedangkan untuk taman lainnya sudah rampung.

"Tinggal TMB Sutoyo lagi finishing pos jaga karena kemarin terbentur penertiban ada warung," ujar Djauhar.

Djauhar mencontohkan untuk TMB Cilangkap dibangun dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti dermaga, karena lokasi TMB bersinggungan dengan Embung Sejuk.

Baca juga: Pemkot Jakarta Timur cek kesiapan protokol kesehatan TMII

Dia mengatakan nantinya masyarakat dapat menikmati pemandangan embung melalui dermaga yang dilengkapi dengan pagar pengaman hingga tempat duduk.

Djauhar menuturkan lokasi sekitar taman juga disediakan fasilitas berupa area parkir kendaraan roda dua maupun roda empat di bagian selatan.

Masyarakat juga dapat datang untuk berolahraga karena tersedia fasilitas trek lari yang terdapat di TMB Cilangkap. Walaupun tempat tersebut bersifat ruang terbuka umum, fasilitas pos keamanan juga terdapat di tempat itu.

Fasilitas lainnya yang ada di TMB Cilangkap berupa toilet laki dan perempuan, musholla.

"Untuk TMB Cilangkap resminya belum dibuka tapi masyarakat sudah ada yang mengunjungi," ucap Djauhar.

Baca juga: TMII cek kesiapan prokes jelang pembukaan kembali

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022