Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan internet berkecepatan tinggi guna mendukung jurnalis media nasional dan internasional melakukan peliputan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

"Sejumlah fasilitas kami siapkan di dalam media center, antara lain ruang kerja yang fasilitasnya terdiri 96 PC (personal computer/unit komputer) terhubung dengan jaringan LAN dengan koneksi internet 1,5 Gbps (Gigabyte per second). Jadi, kita menyiapkan internet dengan kecepatan tinggi," ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Usman Kansong di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Sekjen PBB Antonio Guterres akan hadiri KTT G20 di Bali

Baca juga: Pengelola Bandara Bali perkuat keamanan jelang KTT G20


Ia mengatakan Kementerian Kominfo menyiapkan ruangan media center yang mampu menampung sekitar 1.500 jurnalis.

"Media center KTT G20 juga terdapat ruang konferensi pers dengan kapasitas 443 orang lengkap dengan penerjemah dalam lima bahasa," tuturnya dalam konferensi pers Persiapan Registrasi Media dan Mekanisme Peliputan KTT G20.

Selain itu, lanjut dia, terdapat juga media lounge, tenaga kesehatan hingga fasilitas relaksasi.

Untuk mendukung komunikasi publik, Usman menambahkan media center KTT G20 akan menyediakan foto-foto jurnalistik dan clean feed broadcast.

Ia menyampaikan media center KTT G20 itu rencananya berlokasi di The BICC/Westin Resort Nusa Dua Bali, yang akan beroperasi 13-17 November 2022.

Ia mengatakan Kementerian kominfo juga menyediakan fasilitas transportasi berupa shuttle bus yang melayani jurnalis dari lokasi penginapan di luar area konferensi menuju lokasi media center KTT G20.

Dalam kesempatan itu, Usman menyampaikan Kementerian Kominfo menyiapkan registrasi bagi media peliput dalam dan luar negeri yang dibuka sejak 5 September 2022 dan akan ditutup pada 10 Oktober 2022.

Baca juga: KTT G20 berdampak positif bagi sektor pariwisata Kabupaten Badung

"Teman-teman media silakan mendaftar di link registrasi https://g20.org/registration. Setelah registrasi akan mendapatkan undangan, kemudian kami mempersiapkan tanda pengenal yang bisa diambil pada 10-15 November 2022," paparnya.

Ia menekankan Kementerian Kominfo terus bersiap agar komunikasi publik dan pelayanan media dapat berjalan dengan baik.

Hingga Selasa (20/9) telah terdaftar 750 jurnalis dari 156 media. Dengan rincian 547 jurnalis dari 111 media internasional, dan 203 jurnalis dari 45 media nasional.

Media yang telah terdaftar dapat mengambil ID badge di Courtyard Bali Seminyak Resort dengan menyertakan hasil tes usap antigen yang disediakan di lokasi pengambilan ID badge.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022