London (ANTARA) - Saham-saham Inggris dibuka menguat pada Selasa, dengan indeks acuan FTSE 100 terangkat oleh saham komoditas dan perbankan, sementara pasar global tetap waspada dalam minggu yang sibuk untuk pertemuan bank-bank sentral global.

Indeks FTSE 100 terangkat 0,9 persen pada pukul 07.07 GMT, setelah libur sehari sebelumnya untuk menandai pemakaman Ratu Elizabeth.

Penambang menambahkan 1,4 persen, mengikuti harga logam yang kuat di tengah harapan bahwa konsumen utama China akan mengurangi pembatasan COVID-19 lebih lanjut.

Perusahaan minyak utama BP dan Shell masing-masing terdongkrak lebih dari satu persen di awal perdagangan.

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, terseret jatuhnya ekuitas teknologi

Namun demikian sentimen pasar tetap berhati-hati menjelang pertemuan kebijakan Federal Reserve AS pada 20-21 September, karena para pedagang memposisikan diri mereka untuk lingkungan suku bunga yang meningkat di ekonomi terbesar dunia.

Keputusan kebijakan Bank Sentral Inggris (BOE) yang diundur ke 22 September dari 15 September, karena berkabung nasional setelah kematian Ratu Elizabeth, juga dijadwalkan minggu ini, dengan para pedagang memperkirakan kemungkinan 75 persen untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin.

Sektor perbankan yang sensitif terhadap suku bunga terangkat 1,4 persen.

Indeks saham berkapitalisasi menengah atau mid-cap yang fokus di dalam negeri naik tipis 0,2 persen, dengan grup liburan TUI AG di antara yang berkinerja terbaik karena melonjak 3,4 persen setelah mengulangi ekspektasi untuk kembali ke profitabilitas tahun ini.

Baca juga: Wall Street menguat jelang pertemuan Fed, Indeks Dow naik 197,26 poin
Baca juga: Saham Jerman setop rugi beruntun, Indeks DAX 40 bangkit 0,49 persen
Baca juga: Saham Prancis perpanjang kerugian, Indeks CAC 40 turun 0,26 persen


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022