imunisasi lengkap yang digencarkan di seluruh wilayah DKI Jakarta terdiri dari imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan sudah memberi imunisasi terhadap 21.352 bayi di wilayahnya sampai dengan Agustus 2022 sesuai program dari Kementerian Kesehatan RI.

"Dari data Pemantauan Wilayah Setempat (PWS) sampai bulan Agustus 2022, jumlah yang diberikan imunisasi lengkap sebanyak 21.352 bayi," kata Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan Yudi Dimyati saat dihubungi, Jakarta, Selasa.

Yudi berharap dengan adanya kegiatan imunisasi yang diberikan pada bayi bisa membentuk kekebalan sehingga bisa terhindar dari penyakit menular.

Adapun imunisasi lengkap yang digencarkan di seluruh wilayah DKI Jakarta terdiri dari imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan.

Imunisasi dasar yakni langkah pencegahan utama dan imunisasi lanjutan bertujuan untuk menjaga imunitas agar tetap optimal seiring bertambahnya usia.

Diketahui, Kementerian Kesehatan telah menerapkan imunisasi rutin lengkap untuk anak usia 0-18 tahun.

Harapan Yudi, target imunisasi yang diberikan kepada bayi ini bisa mencapai target sasaran jumlah bayi yang bertahan hidup yang diatur oleh Kementerian Kesehatan.

"Jumlah ini adalah 60.5 persen dari target sasaran surviving infant yang diberikan oleh Kemenkes, yaitu sebanyak 35.313," tuturnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengejar target imunisasi anak usia sembilan sampai 59 bulan sebanyak 715.782 selama Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang berlangsung selama Agustus, 2022.

"Sasarannya adalah balita 9 bulan sampai 59 bulan dengan sasaran balita 715.782 anak," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti dalam paparnya di depan gedung RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8).

Target tersebut harus dikejar guna memastikan seluruh anak di DKI mendapatkan imunisasi sehingga ketahanan tubuh pun meningkat. Terutama untuk mengantisipasi penyakit Rubella.

Lebih lanjut, pihaknya sudah menetapkan target harian agar bisa mencapai angka 715.782 di akhir Agustus ini.

"Target sekitar 35.789 anak per hari," kata dia.
Baca juga: Pemkot Jakbar pastikan 172.944 bayi sudah ikut imunisasi program BIAN
Baca juga: DKI catat capaian imunisasi anak tahap dua 90 persen
Baca juga: 86 persen anak di Jakarta Barat sudah terima imunisasi

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022