Kapasitas penampungan air sebanyak 1.050 liter
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta merampungkan pembangunan Penampungan Air Hujan (PAH) di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga setempat.

Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu Hendri mengatakan pembangunan PAH melibatkan 15 personel Satgas SDA di empat titik yang berbeda, yakni Pos RW di RT 04/RW 01, Posyandu RT 04/RW 01, Musholla Taman Terpadu RT 01/RW 02, dan Musholla Madrasah Tsanawiyah RT 05/RW 02 Kelurahan Pulau Harapan.

"Kapasitas penampungan air sebanyak 1.050 liter. Mudah-mudahan hal ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga di Pulau Harapan," ujar Hendri di Jakarta, Selasa.

Hendri menambahkan, pembuatan PAH tersebut dilakukan sejak 24 Agustus 2022 untuk menindaklanjuti aspirasi warga pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kepulauan Seribu Utara pada 2021.

Dari 82 usulan yang dibahas dalam Musrenbang, sebanyak 19 usulan datang dari Kelurahan Pulau Harapan, salah satunya terkait kebutuhan air bersih dapat terpenuhi.

Diketahui, 449 rumah warga di Kelurahan Pulau Harapan sudah tersambung koneksi perpipaan yang menyuplai air dari Instalasi Pengolahan Air berteknologi pemurnian balik air laut atau Sea Water Reverse Osmosis (SWRO). Rata-rata rumah menggunakan 300 liter air bersih setiap hari.

Sementara total Kepala Keluarga di wilayah Kelurahan Pulau Harapan mencapai 575 KK. Sisa 126 lainnya masih membutuhkan akses air bersih.

Air bersih merupakan kebutuhan paling dasar warga dan juga salah satu langkah intervensi tengkes atau stunting yang dicanangkan pemerintah, sehingga petugas Sudin SDA berkomitmen menjaga ketersediaan dan kualitas air bersih di Kepulauan Seribu.
Baca juga: HIPMI Kepulauan Seribu fasilitasi anggota pasok material ke IKN
Baca juga: Memberdayakan potensi wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu
Baca juga: Wisatawan Kepulauan Seribu puji "wajah baru" Pelabuhan Muara Angke

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022