BRI sebagai lembaga keuangan konsisten berperan aktif dalam upaya pengurangan emisi di Indonesia. Penggunaan kendaraan listrik ini akan kami tingkatkan secara bertahap
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berkomitmen menerapkan aspek keberlanjutan dalam setiap kegiatan operasional bisnisnya, salah satunya melalui inisiatif akselerasi penggunaan kendaraan listrik.

“BRI sebagai lembaga keuangan konsisten berperan aktif dalam upaya pengurangan emisi karbon di Indonesia. Penggunaan kendaraan listrik ini akan kami tingkatkan secara bertahap,” ungkap Direktur Kepatuhan BRI Achmad Solichin Lutfiyanto dalam keterangan resmi, Selasa.

Langkah ini sejalan dengan Surat Edaran (SE) Menteri BUMN S-565/MBU/09/2022 per tanggal 12 September 2022 tentang dukungan percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

BRI tercatat telah menggunakan 30 mobil listrik yang tersebar di berbagai Regional Office (RO) sebagai kendaraan operasional dan setidaknya terdapat 50 motor listrik GESITS yang mulai digunakan oleh para Tenaga Pemasar BRI.

Solichin menambahkan bahwa penggantian kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik di seluruh unit kerja BRI akan dilaksanakan secara bertahap, dengan memperhatikan kesiapan infrastruktur dan jenis kendaraan listrik yang beredar di Indonesia.

Riset yang dilakukan BRI menunjukkan bahwa selain ramah lingkungan, penggunaan mobil listrik juga lebih ekonomis dibandingkan kendaraan konvensional karena biaya yang dikeluarkan untuk mobil listrik lima kali lipat lebih rendah dibandingkan kendaraan konvensional.

BRI sebagai lembaga keuangan juga berperan aktif dalam mendorong pembiayaan bagi sektor berkelanjutan dimana hingga kuartal II 2022, sebanyak Rp657,1 triliun atau setara 65,5 perse. dari total portofolio kredit BRI telah menerapkan prinsip ESG.

Lebih lanjut, sebesar Rp74,7 triliun tersebut disalurkan kepada sektor kegiatan usaha berwawasan lingkungan (KUBL).

“Sebagai salah satu ‘First Mover on Sustainable Finance’, BRI telah mengimplementasikan secara bertahap strategi keberlanjutan yang diharapkan dapat berdampak positif dalam mendorong percepatan implementasi keuangan berkelanjutan di Indonesia dan BRI akan fokus mewujudkan solusi keuangan yang terintegrasi kepada masyarakat," ucapnya.

Baca juga: Dirut BRI yakin laba BRI capai lebih dari Rp40 triliun pada akhir 2022
Baca juga: BRI masih optimistis capai target pertumbuhan kredit 9-11 persen
Baca juga: Jokowi teken Inpres mobil listrik jadi kendaraan dinas pemerintah

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022