Jakarta (ANTARA) - Legenda tenis asal Swiss, Roger Federer, yang pekan lalu mengumumkan mundur, ingin tetap terhubung dengan "olahraga yang telah memberi saya segalanya" itu, kata sang petenis dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Selasa seperti dikutip AFP.

Juara Grand Slam 20 kali dan salah satu petenis terbaik sepanjang masa itu mengguncang dunia manakala mengumumkan akan pensiun setelah Piala Laver pekan ini.

Kamis lalu dia mengakui pertarungannya melawan cedera lutut telah memaksanya mengakhiri karier bersejarah yang membuatnya memperoleh reputasi sebagai salah satu petenis paling elegan yang pernah ada.

Ketika dia tiba di London untuk turnamen ATP terakhirnya, dia berkata kepada stasiun televisi Swiss RTS bahwa dia "lega" telah menyampaikan pengumuman itu, dan senang sekali atas pencapaian selama kariernya.

Baca juga: Roger Federer umumkan rencana pensiun
Baca juga: Wimbledon beri penghormatan kepada Federer yang akan pensiun


Kepada RTS, dia berkata bahwa dalam beberapa bulan terakhir "kemajuan saya tidak memuaskan, lutut saya melarang saya pergi."

"Kemudian saya menerima hasil pemindaian yang tidak bagus, dan sama sekali tidak ada kemajuan," kata dia. "Saya berkata pada diri sendiri bahwa berakhir sudah. Jujur saja, saya tidak mau melakukannya lagi."

Federer mengakui menahan air mata ketika mengumumkan pengunduran dirinya pekan lalu, tetapi menyatakan "senang telah mengambil langkah itu."

Ditanya tentang apa rencananya ke depan, legenda tenis itu menjawab, "Saya tak tahu persis seperti apa masa depan saya nanti, tetapi saya tidak ingin sepenuhnya menjauhkan diri dari olahraga yang telah memberikan segalanya kepada saya."

Baca juga: Serena Williams selalu mengagumi Federer
Baca juga: Djokovic turut kenang momen dan persaingan dengan Federer

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022