Jakarta (ANTARA/JACX) - Peristiwa kematian Kepala Negara Inggris, Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022 menjadi kabar duka bagi negara kerajaan itu, termasuk bagi negara-negara yang tergabung dalam persemakmurannya.

Di media sosial, kematian Ratu Elizabeth II disebut telah diprediksi dalam serial kartun The Simpsons, salah satunya oleh unggahan yang muncul di YouTube pada 13 September.

Unggahan video pendek itu memperlihatkan dua gambar. Pertama, sosok perempuan berambut putih dalam serial kartun The Simpsons pada sebuah pertemuan dan terdapat tokoh "Homer Simpson" di belakangnya.

Dalam gambar lain, perempuan berambut putih itu tampak berada di peti mati. Dalam peti mati yang setengah terbuka itu terdapat tulisan "Elizabeth II 1926-2022".

Video pendek di YouTube itu disukai lebih dari seribu pengguna lain, dan meraih 53 komentar hingga Selasa (20/9) siang.

Sementara, akun pengunggah video itu menambahkan narasi yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai berikut:
"Prediksi kematian Ratu Elizabeth dalam The Simpsons"

Selain itu, terdapat pula unggahan lain yang juga mengklaim prediksi The Simpsons atas kematian Ratu Elizabeth II di Facebook.

Lantas, benarkah serial The Simpsons telah memprediksi kematian Ratu Elizabeth II itu?
 
Unggahan hoaks yang mengklaim serial kartun AS "The Simpsons" telah memprediksi kematian Ratu Elizabeth II. (YouTube)


Penjelasan:
Gambar pertama dalam video singkat di YouTube itu yang memperlihatkan tokoh kartun perempuan berambut putih berada di sebuah ruangan merupakan gambar asli dalam salah satu episode serial The Simpsons.

Episode The Simpsons yang menayangkan sosok Ratu Inggris Raya itu dapat dilihat pada konten YouTube yang diunggah 17 April 2018.

Selama penayangan serial The Simpsons, sosok Ratu Elizabeth II telah hadir dalam enam episode, tapi tidak ditampilkan dalam keadaan meninggal, termasuk dalam peti.

Episode-episode The Simpsons yang menampilkan tokoh Ratu Elizabeth II dapat dilihat pada situs khusus yang didedikasikan untuk serial asal Amerika Serikat itu.

Gambar yang memperlihatkan tokoh "Elizabeth" meninggal dan berada dalam peti mati berasal dari ilustrasi kartu menyerupai The Simpsons dan menampilkan mantan Presiden AS Donald Trump dalam peti mati.

Salah satu unggahan gambar yang menampilkan Donald Trump itu dapat dilihat pada unggahan di Facebook, pada 2 Oktober 2020.

ANTARA, pada 5 Oktober 2020, telah mengklaim konten hoaks tentang Donald Trump yang diprediksi meninggal dalam The Simpsons.

Dengan demikian, klaim bahwa peristiwa kematian Ratu Elizabeth II pada 2022 telah diprediksi dalam serial The Simpsons merupakan hoaks.

Klaim: The Simpsons prediksi kematian Ratu Elizabeth II pada 2022
Rating: Hoaks/salah

Cek fakta: Hoaks! Ratu Elizabeth keturunan Nabi Muhammad

Baca juga: Sosok Ratu Elizabeth di Hollywood, "The Crown" hingga "The Simpsons"

Baca juga: Fakta dan angka Ratu Elizabeth II semasa memerintah Inggris

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022