Tenis

Tim Piala Davis Indonesia hadapi Vietnam di playoff Grup II

Tim Piala Davis Indonesia hadapi Vietnam di playoff Grup II

Tim Piala Davis Junior Indonesia untuk Final Kualifikasi Zona Asia Oseania 2022. ANTARA/HO-PP PELTI/Sutrisno/am.

Jakarta (ANTARA) - Tim tenis beregu putra Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam dalam partai tandang laga playoff Piala Davis Grup II 2023, setelah Federasi Tenis Internasional (ITF) merilis undian di markas besarnya London, Selasa waktu setempat.

Setelah terbang ke benua Eropa untuk bertemu Polandia dalam babak pertama Piala Davis 2022 Grup II Dunia, yang dimenangi oleh tuan rumah pekan lalu, tim Merah Putih harus melakoni playoff untuk bisa bertahan di Grup II.

Kali ini tim Piala Davis Indonesia tak harus berpergian jauh. Mereka akan menjalani duel sesama negara Asia Tenggara untuk menghadapi tuan rumah Vietnam pada 3-4 atau 4-5 Februari 2023.

Menurut catatan Tenis Indonesia, kedua negara telah bertemu dua kali di ajang tertinggi tenis beregu putra dunia itu. Keduanya dimenangi Vietnam termasuk di partai kandang 2016 yang berlangsung di Stadion Tenis Manahan, Solo, 2-3.

Pada saat itu, Christopher Rungkat menyumbang dua angka kemenangan dari sektor tunggal, namun kalah di ganda. Di partai terakhir yang menentukan, Aditya Hari Sasongko tak mampu menghentikan Thien Nguyen Hoang.

Di luar Piala Davis, Indonesia mampu mengalahkan Vietnam pada babak pertama beregu putra SEA Games di Hanaka Paris Ocean Park, Bac Ninh, Vietnam, pada Mei 2022. Christo unggul di tunggal dan ganda bersama Muhammad Rifqi Fitriadi, 2-1.

Setelah kalah dengan skor 0-5 dari Polandia pekan lalu, Indonesia bergabung dengan negara yang kalah di babak pertama dan 12 tim promosi dari Grup III Zona Asia, Eropa, dan Amerika, untuk melakoni playoff agar bisa bertahan di Grup II.

Playoff Piala Davis Grup II 2023 akan berformat lima partai, terdiri dari empat tunggal dan satu ganda.

Belum diketahui siapa yang akan bertanding dalam laga melawan Vietnam untuk menghadang andalan utama Vietnam, Nam Hoang Ly, dan kawan-kawan.

Sebagai gambaran, pada pertandingan melawan Polandia, skuad Merah Putih menurunkan lima pemain, tiga di antaranya adalah petenis muda debutan yakni Tegar Abdi Satrio Wibowo, Lucky Candra Kurniawan dan Nathan Anthony Barki. Sisanya ada Rifqi dan Christo.


Baca juga: Tim Piala Davis Indonesia ambil sisi positif usai kalah dari Polandia
Baca juga: Menunggu Tim Davis Indonesia bikin kejutan di Polandia
Baca juga: Tim Davis Cup Indonesia tantang Polandia di babak pertama Grup II

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar