"Lahan-nya sudah kita siapkan seluas lima hektare di sebelah RSUD Mukomuko," ujarnya.
Mukomuko (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengusulkan pembangunan lembaga permasyarakatan atau Lapas karena jarak tempuh daerah ini dengan Lapas di Kota Bengkulu sejauh 275 kilometer.

"Kita telah berkoordinasi dengan pihak Kanwil Kemenkumham Bengkulu mempertanyakan bagaimana dengan usulan lapas kita," kata Asisten I Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, pihak Kanwil Kemenkumham Bengkulu mendukung rencana Pemkab Mukomuko, namun pihak pemkab harus bersabar karena ada proses yang harus dilalui sebelum pendirian Lapas.

Ia menambahkan pihak Kemenkumham Bengkulu akan turun ke Kabupaten Mukomuko untuk memastikan apakah usulan tersebut sesuai dengan dokumen yang mereka terima, yakni jarak tempuh Kabupaten Mukomuko dengan Lapas di Kota Bengkulu sejauh 275 kilometer.

"Kalau pembangunan Lapas di daerah ini pada prinsipnya pihak Kemenkumham Bengkulu sudah sepakat dan setuju namun sekarang itu tentu menunggu prioritas anggaran dari Kementerian Keuangan," ujarnya.

Ia mengatakan, kalau nanti di Kementerian Keuangan ada plot anggaran untuk pembangunan lapas, maka Kabupaten Mukomuko diprioritaskan untuk pembangunan lapas.

Jika tidak ada kendala dengan anggaran, katanya, rencananya pembangunan lembaga permasyarakatan di daerah ini dilaksanakan pada tahun 2023.

Ia mengatakan, pemerintah setempat telah menyiapkan lahan seluas lima hektare untuk pembangunan lembaga permasyarakatan di daerah ini.

"Lahan-nya sudah kita siapkan seluas lima hektare di sebelah RSUD Mukomuko," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, lokasi untuk lahan pembangunan Lapas di daerah ini berada di lokasi yang strategis berada dekat dengan RSUD setempat, Mapolres, dan Markas TNI.

"Kalau untuk lokasi lahan pembangunan Lapas di daerah ini sangat strategis berada dekat dengan fasilitas yang menjadi syarat dari Kanwil Kemenkumham," ujarnya.

Sementara itu, warga di daerah ini membutuhkan Lapas karena jarak tempuh dengan Lapas di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Utara jauh, yakni 275 kilometer.

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022