Jakarta (ANTARA) - British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) mengumumkan akan memindahkan acara penghargaan tahunannya ke Royal Festival Hall di Southbank Centre, London untuk edisi 2023.

Sejak 2016, BAFTA selalu menggunakan Royal Albert Hall sebagai tempat penyelenggaraan penghargaan. Tempat lain sebelumnya termasuk Royal Opera House di Covent Garden dan Odeon Cinema di Leicester Square.

"Royal Albert Hall telah menjadi rumah yang luar biasa bagi kami selama enam tahun terakhir,” kata Emma Baehr, Direktur Eksekutif Penghargaan dan Konten seperti dilaporkan Deadline, Rabu.

Baca juga: Critics Choice Awards 2022 digelar bersamaan dengan BAFTA

"Saat kami memulai bab berikutnya di tahun yang sangat menarik untuk film, kami tidak sabar untuk memulai residensi baru kami di Royal Festival Hall dengan perayaan BAFTA yang paling ambisius," lanjutnya.

BAFTA tidak mengungkapkan lamanya kemitraan barunya dengan Royal Festival Hall, yang juga telah menjadi tuan rumah pemutaran perdana dunia dan pemutaran gala BFI London Film Festival selama dua tahun terakhir.

CEO Southbank Centre Elaine Bedell menyambut baik keputusan BAFTA. Sebab, Southbank Centre selalu menjadi tuan rumah bagi TV dan Games Awards BAFTA.

"Keputusan BAFTA untuk menyelenggarakan tiga upacara penghargaan di bawah satu atap menggarisbawahi keragaman, skala, dan potensi kreatif ruang kami untuk membuat program malam yang spektakuler, untuk semua orang," kata Elaine.

"Kami senang dapat mendukung industri layar yang sangat penting dan sangat senang melihat Southbank Center berubah menjadi salah satu malam terbesar dalam kalender film global," lanjutnya.

Awal tahun ini, BAFTA mengumumkan beberapa penyesuaian pada peraturan pemungutan suara dan kriteria kelayakannya. Untuk penghargaan 2023, akan ada jumlah yang sama dari nominasi berdasarkan voting dan nominasi berdasarkan juri di setiap kategori akting.

Sedangkan kategori penyutradaraan akan terdiri dari dua nominasi berdasarkan suara dan empat nominasi berdasarkan juri. Daftar panjang nominasi BAFTA juga akan dikurangi dan diperkecil.

Daftar penghargaan BAFTA akan diumumkan pada 6 Januari. Sedangkan nominasinya pada 19 Januari dan m

Daftar panjang penghargaan akan diumumkan pada 6 Januari, diikuti oleh nominasi pada 19 Januari, sebulan sebelum upacara penghargaan.

Baca juga: BAFTA bentuk komite penghargaan khusus usai skandal Noel Clarke

Baca juga: "The Power of the Dog", "Dune" rajai kemenangan BAFTA 2022

Baca juga: "Dune" pimpin nominasi BAFTA Film Awards 2022

Penerjemah: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022