Jakarta (ANTARA/JACX) - Foto Wakil Presiden Ma'aruf Amin tampil dalam sebuah unggahan di Twitter berupa tangkapan layar berita media daring (online).

Judul konten menyerupai berita yang tampak pada unggahan itu, "Wapres minta rakyat pakai kayu bakar saat masak biar irit."  

Terdapat tanggal publikasi yaitu 19 September 2022, serta nama jurnalis yang menulis konten itu.

Sementara, sang pengunggah tangkapan layar itu menambahkan narasi sebagai berikut:
"Beneran ni mbah?"

Unggahan itu disukai lima pengguna lain, dan mendapatkan empat komentar.

Namun, benarkah terdapat pernyataan dari Wapres Ma’ruf Amin yang meminta rakyat untuk memasak dengan kayu bakar agar irit?
 
Unggahan hoaks yang menampilkan Wapres Ma'ruf Amin memberikan pernytaan rakyat diminta menggunakan kayu bakar untuk memasak. (Twitter)


Penjelasan:
Hasil penelusuran ANTARA, tidak terdapat berita di media daring berjudul "Wapres minta rakyat pakai kayu bakar saat masak biar irit," dengan foto ilustrasi Wapres Ma'ruf Amin berpidato di podium.

Pencarian merujuk konten berita yang ditulis jurnalis Binti Mufarida dan tanggal tayang seperti terdapat pada tangkapan layar unggahan Twitter itu mengarah pada berita Okezone.com.

Namun, judul berita Okezone pada 19 September itu adalah "Wapres Ma'ruf Amin: Prof Azyumardi Azra Akademisi Berkaliber Dunia."

Dengan demikian, klaim bahwa terdapat pernyataan dari Wapres Ma'ruf Amin yang meminta rakyat menggunakan kayu bakar untuk memasak merupakan pernyataan hoaks.

Klaim: Wapres minta rakyat pakai kayu bakar untuk memasak
Rating: Hoaks/salah

Cek fakta: Hoaks! Ma'ruf Amin wajibkan muslim sedekah bantu pemerintah

Baca juga: Ma'ruf Amin: Sangat wajar kepolisian mendapat pengawasan berlapis

Baca juga: Wapres Ma'ruf kenang Azyumardi Azra sebagai akademisi berkaliber dunia

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022