Badung (ANTARA) - Perwakilan Dagang Amerika Serikat Katherine Tai menemui beberapa tokoh perempuan di Bali, Rabu, pada sela-sela kunjungannya menghadiri pertemuan tingkat menteri perdagangan G20, dan mereka membahas sejumlah isu termasuk pentingnya pemberdayaan bagi pekerja dan pengusaha perempuan.

Katherine Tai pada pertemuan itu menekankan pemberdayaan dan pemberian dukungan terhadap pelaku usaha perempuan dan perempuan pekerja merupakan bagian penting dari kerangka ekonomi Indo-Pasifik (IPEF), yaitu kerja sama ekonomi 13 negara di kawasan Indo-Pasifik yang diinisiasi oleh Amerika Serikat.

“Dukungan untuk pengusaha dan tenaga kerja perempuan adalah bagian penting Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik yang kami kembangkan untuk mendorong kompetisi bidang perdagangan, dan juga akan membantu perempuan berkembang dalam perekonomian global yang lebih tangguh,” kata Katherine Tai saat berdiskusi bersama tokoh perempuan Bali.

Dalam kesempatan itu, ia juga menegaskan pemberdayaan juga masih menjadi prioritas dalam agenda perdagangan Amerika Serikat.

“Kita membuat kemajuan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan bagi perempuan di seluruh dunia, tetapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memberdayakan perempuan di Amerika Serikat dan di seluruh dunia,” kata Perwakilan Dagang AS.

Salah satu peserta diskusi, Lucienne Anhar, yang merupakan petinggi Tugu Hotels & Restaurants, sependapat dengan pemikiran Katherine Tai mengenai pentingnya memberikan dukungan terhadap kelompok perempuan demi mewujudkan perekonomian yang lebih berkeadilan dan berkelanjutan.

“Pertumbuhan (ekonomi) jangka panjang dapat tercapai jika ada perhatian terhadap lingkungan dan kepentingan pekerja. Ada insentif ekonomi ketika kita (pengusaha, red.) melakukan hal yang benar,” kata Lucienne.

Dalam pertemuan itu, Katherine Tai bertemu dengan tokoh-tokoh perempuan di Bali dari berbagai latar belakang, mulai dari pendidikan, kewirausahaan, tenaga kerja, dan lingkungan.

Para peserta diskusi yang bertemu dengan Katherine Tai merupakan lulusan universitas di AS dan alumni program pertukaran yang didanai oleh Pemerintah AS.

Katherine Tai bersama wakilnya María Pagán berkunjung ke Bali pada 21–23 September 2023 untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri perdagangan, investasi, dan industri G20 di Nusa Dua, Bali.

Tidak hanya menghadiri agenda G20, Perwakilan Dagang AS itu juga akan menemui pejabat dari Indonesia untuk membahas lebih lanjut implementasi Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF).

Baca juga: AS-Indonesia berupaya majukan kemitraan transisi energi
Baca juga: Menko Perekonomian temui Secretary of Commerce AS bahas investasi
Baca juga: Indonesia akan angkat enam isu di Sidang Majelis Umum PBB ke-77

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022