25 guru ngaji yang mendedikasikan dirinya ikhlas mengajar dan mendidik tanpa mengharapkan gaji.
Jakarta (ANTARA) - Baznas Bazis Jakarta Selatan memberikan 800 mahasiswa jenjang S-1 berupa bantuan beasiswa per semesternya.

"Penerima bantuan beasiswa ini setiap bulan akan diberikan bantuan dari Baznas sebesar Rp3 juta per semester," kata Koordinator Baznas Bazis Jakarta Selatan Yasdar di Jakarta, Rabu.

Yasdar menjelaskan kriteria penerima beasiswa yakni mahasiswa baru yang sedang aktif berkuliah sampai semester tujuh di kampusnya.

Ditambahkan pula bahwa kegiatan yang sudah berjalan 2 tahun ini cara pendaftarannya terbilang sederhana, yakni dengan serahkan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dan ijazah yang terdaftar di kampus melalui aplikasi daring.

Selain jenjang S-1 yang diberikan beasiswa sampai lulus, pihaknya juga memberikan kepada mahasiswa S-2 dan S-3 untuk karya ilmiahnya.

Tidak hanya itu, saat ini Baznas Bazis Jakarta Selatan juga menggencarkan beasiswa untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Sekolah Tinggi Agama Islam Alhikmah Jakarta dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTIK).

"Beasiswa juga diberikan oleh guru PAUD, jadi ada 25 guru ngaji yang mendedikasikan dirinya ikhlas mengajar dan mendidik tanpa mengharapkan gaji," tuturnya.

Yasdar menyebutkan di PTIK ada 75 guru PAUD yang dikuliahkan sampai lulus jenjang S-1.

Sebelumnya, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka pendaftaran Beasiswa Riset Baznas 2022 sebagai bagian dari komitmen pemanfaatan dan pendayagunaan dana zakat bagi dunia pendidikan.

"Alhamdulillah, Beasiswa Riset Baznas konsisten diadakan setiap tahun, di samping program beasiswa lain yang digulirkan Baznas," ujar Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam webinar yang diikuti dari Jakarta, Jumat.

Noor Achmad mengatakan bahwa program beasiswa riset merupakan program pembiayaan dana riset tugas akhir mahasiswa dari jenjang diploma, sarjana, maupun pascasarjana.

Calon penerima beasiswa kategori ini adalah WNI di seluruh kampus dan jurusan dengan akreditasi minimal B oleh BAN-PT. Pendaftaran Beasiswa Riset Baznas mulai 5 hingga 26 September 2022, pukul 08.00 WIB.

Ia menjelaskan bahwa Beasiswa Riset Baznas bertujuan memberikan bantuan dana riset tentang zakat yang prospektif, mengembangkan riset tentang zakat bagi kemaslahatan umat, dan mengembangkan inovasi-inovasi penghimpunan, pendistribusian, serta pendayagunaan zakat.

Baca juga: Jambi alokasikan anggaran beasiswa S1 dan S3 Rp7,7 miliar
Baca juga: Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag diperpanjang hingga 20 September

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022