Kairo (ANTARA) - Mesir, salah satu produsen kurma terbesar di dunia, tengah menyambut musim panen kurma.

Kurma adalah buah yang populer di negara-negara Timur Tengah, bukan hanya karena rasanya yang lezat tetapi juga manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan. Kurma segar dapat langsung disantap setelah dipetik dari pohonnya, atau dinikmati dalam bentuk yang sudah dikeringkan, yang dapat bertahan lama.

Kurma merupakan sumber pendapatan penting bagi banyak petani Mesir. Negara di Afrika Utara itu berupaya mencapai pembangunan komprehensif di sektor kurma.

Menurut statistik resmi, Mesir memproduksi lebih dari 1,7 juta ton kurma setiap tahunnya, yang mencakup 21 persen dari total produksi dunia. Saat ini terdapat 14 juta pohon kurma di Mesir, dan pemerintah setempat berencana untuk meningkatkan jumlahnya menjadi 24 juta.
 
Seorang petani memanen kurma di Desa Dahshur di Giza, Mesir, pada 21 September 2022. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
 
Seorang anak laki-laki memanjat pohon kurma untuk membantu ayahnya memanen kurma di Desa Dahshur di Giza, Mesir, pada 21 September 2022. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
 
Anak-anak memperlihatkan buah kurma yang sudah dikeringkan di Desa Dahshur di Giza, Mesir, pada 21 September 2022. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022