Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo meresmikan empat pasar dengan penampilan baru pada Kamis ini.

Empat pasar yang diresmikan itu, yakni Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol dan Pasar Tebet Barat, secara simbolis dilaksanakan di Pasar Cipinang Kebembem.

Baca juga: Jakarta kemarin, revitalisasi Pasar Gembrong hingga bantuan sosial

"Izinkan hari ini saya menyampaikan Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Kamis tanggal 22 September 2022 dengan ini secara resmi dinyatakan dibuka," kata Anies di lokasi peresmian, Jakarta Timur, Kamis.

Anies berharap keberadaan pasar dengan wajah baru ini akan turut memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Jakarta.

"Kita bersyukur hari ini kita bisa menyaksikan tuntasnya sebuah kerja besar dengan menyelesaikan pasar yang lebih baik, yang punya dampak yang amat besar bagi peningkatan kesejahteraan, bagi transaksi perekonomian," ucap Anies.

Selain itu, Anies juga mengharap dengan adanya pembaharuan pasar di ibu kota kebutuhan dasar masyarakat yakni pangan bisa terjamin, baik dalam hal pasokan, sampai dengan harganya.

"Pangan adalah kebutuhan dasar masyarakat, karenanya memastikan pasokan pangan terjamin dengan baik, harga pangan terjamin stabil, itu yang dibutuhkan oleh setiap keluarga di Jakarta, dan tentu saja pasokan pangannya berkualitas. Jadi ini lah kebutuhan dasar utama terpenting yang sekarang kita sama-sama lihat disiapkan fasilitasnya yang lebih baik," tutur Anies.

Baca juga: Harga telur ayam di Pasar Jatinegara turun

Sementara itu, Dirut Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo menuturkan empat pasar dengan wajah baru yang baru itu merupakan bagian dari pasar yang dibangun dan direvitalisasi oleh perusahaan selama lima tahun terakhir.

Di pasar-pasar yang tengah dibangun dan direvitalisasi yang dilengkapi bangunan kios dan fasilitas pendukung pasar seperti toilet dan mushola akan lebih bersih, rapi dan modern.

"Ditambah lagi akan disediakan ruang serba guna yang juga bisa digunakan oleh berbagai kegiatan termasuk kegiatan olahraga seperti bulutangkis dan futsal," ungkap Tri.

Tri berharap semua pasar yang tengah dibangun dan direvitalisasi akan bisa berjalan dengan baik dan selesai sesuai dengan tenggat waktu yang dibuat.

"Kami sama-sama berharap pembangunan pasar-pasar yang sedang dalam proses pembangunan dan revitalisasi pun bisa berjalan dengan baik dan selesai sesuai dengan time schedule yang sudah kita buat," tutur Tri.

Baca juga: Revitalisasi Kampung Gembira Gembrong capai 90 persen

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022