Bagi para penggembira, panitia menyediakan paket wisata yang bisa dikunjungi. Penggembira bisa memilih kunjungan wisata, seperti mengunjungi wisata reguler, wisata edukatif di Solo Raya, napak tilas jejak Muhammadiyah, wisata kuliner, dan sebagainya
Jakarta (ANTARA) - Panitia pelaksana (panpel) Muktamar ke-48 Muhammadiyah Aisyiyah terus menjajaki peluang kerja sama pariwisata dengan sejumlah pemerintah daerah (pemda) di sekitar Kota Surakarta, Jawa Tengah, demi menyemarakkan perhelatan serta dalam upaya menggeliatkan perekonomian warga sekitar.

"Kami menjajaki kerjasama ke tempat wisata seputar Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga dengan harapan akan ada harga khusus untuk penggembira," kata Koordinator Penggembira Muktamar 48 Reynal Falah dalam konferensi pers virtual yang diikuti dari Jakarta, Kamis.

Reynal mengatakan penyelenggaraan muktamar ini bukan hanya sebatas pemilihan untuk kepemimpinan periode berikutnya saja. Panitia, kata dia, menyediakan berbagai kegiatan untuk menyemarakkan acara serta memberi rasa nyaman bagi peserta dan penggembira.

Ia mencontohkan bagi para penggembira, panitia menyediakan paket wisata yang bisa dikunjungi. Penggembira bisa memilih kunjungan wisata, seperti mengunjungi wisata reguler, wisata edukatif di Solo Raya, napak tilas jejak Muhammadiyah, wisata kuliner, dan sebagainya.

Namun untuk bisa mengakses paket wisata termasuk fasilitas saat muktamar, penggembira harus mendaftarkan diri melalui laman yang disediakan panitia.

Penggembira yang terdaftar secara resmi akan mendapatkan "ID Card" dan juga tanda pengenal bagi bus atau kendaraan gratis yang digunakan. Setelah mendaftarkan diri, penggembira dapat masuk ke aplikasi yang berisi informasi layanan hotel, transportasi, lokasi wisata, dan kuliner.

Pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Solo dan Pemkab Karanganyar. Pemkab Karanganyar misalnya yang akan menggratiskan tiket masuk objek wisata yang berada di bawah kewenangannya

"Pemerintah Kabupaten Karanganyar juga menyediakan 20 bus gratis untuk berkeliling di Karanganyar kemudian untuk menggembirakan penggembira, Pemerintah Kota Solo akan mengadakan pertunjukan budaya di sudut-sudut kota," kata dia.

Untuk mendaftarkan diri sebagai penggembira, pihaknya mempersilakan untuk koordinator penggembira dapat mendaftar melalui nomor Whatsapp 08164261271 atau 0817447227. Kemudian panitia akan mengirimkan tautan pendaftaran resmi.

Sementara bagi penggembira yang datang sendiri, kata Reynal Falah, juga diperbolehkan untuk mendaftar dan dengan tetap berkoordinasi kepada pimpinan setempat dan mendapatkan surat keterangan dari pimpinan Muhammadiyah atau Aisyiyah setempat.

Sebelumnya, Panitia Penerima Muktamar 48 Muhammadiyah Aisyiyah melaporkan sekitar tiga juta penggembira diperkirakan akan menghadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah Aisyiyah yang akan digelar di Kota Solo pada 18-20 November 2022.

Baca juga: Stadion Manahan-Solo untuk Muktamar Muhammadiyah terus dimatangkan

Baca juga: Tiga juta penggembira diperkirakan hadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah

Baca juga: Gibran siapkan sejumlah sekolah untuk partisipan Muktamar Muhammadiyah

Baca juga: Muhammadiyah gelar "Muhammadiyah Talk" jelang Muktamar Ke-48

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022