InaRI Expo bukan hanya bertujuan untuk mempromosikan BRIN tapi ada untuk seluruh periset dan ekosistem riset dan inovasi di Indonesia,
Jakarta (ANTARA) -
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan pihaknya mendukung penuh acara Indonesia Research and Inovation Expo (InaRIE) 2022 sebagai ruang ekspresi para periset dan inovator seluruh indonesia.
 
"InaRI Expo bukan hanya bertujuan untuk mempromosikan BRIN tapi ada untuk seluruh periset dan ekosistem riset dan inovasi di Indonesia," katanya saat membuka diskusi kelompok terfokus (Focus Group Discussion/FGD) dan peluncuran InaRI Expo 2022 di Jakarta, Kamis.

InaRI merupakan ajang tahunan yang bertujuan menjadi etalase kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia khususnya yang telah berhasil memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara Indonesia.

Ia mengatakan dalam InaRI Expo, tidak hanya periset BRIN saja yang menampilkan inovasi teknologi, tetapi juga karya ilmiah remaja dan pameran inovasi dari luar negeri.
 
"Kita adakan event, termasuk di situ berbagai ajang lomba karya ilmiah remaja, kemudian juga ada ajang research and Inovation yang juga merupakan acaranya G20 terkait dengan riset dan inovasi," katanya.
 
Ia mengatakan hal ini diharapkan bisa menjadi expose bagi Indonesia ke negara sahabat khususnya anggota G20.
 
Negara lain yang ikut berpartisipasi dalam InaRI Expo 2022 ini antara lain India, Afrika Selatan, dan Perancis.
 
Selain pameran riset, acara yang akan digelar di Kawasan Sains dan Teknologi Cibinong, Kabupaten Bogor  pada akhir Oktober ini juga akan diadakan seminar, talkshow dan kunjungan laboratorium BRIN.
 
"Itu sebabnya jadi sebisa mungkin kita harus melibatkan banyak pihak dan kami berharap ini bisa diselenggarakan tahunan sehingga lebih banyak yang ikut tahun depan khususnya yang terkait aktivitas riset dan inovasi negara kita," demikian Laksana Tri Handoko .

Baca juga: BRIN fokus ciptakan inovasi dukung kedaulatan pangan dan energi

Baca juga: BRIN percepat komersialisasi hasil riset dan inovasi

Baca juga: BRIN: Kombinasikan kewirausahaan-inovasi wujudkan Indonesia maju

Baca juga: Bertemu Sesmenko Susiwijono, BRIN gagas Forum Komunikasi Riset Inovasi

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022