Jakarta (ANTARA) - Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor), penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi, mendukung transformasi digital Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASyKI) dengan memberikan layanan telekonsultasi dan pengantaran obat kepada peserta asuransi kesehatan ASyKI.

"Kami bersyukur dipercaya oleh ASyKI untuk membantu transformasi digital mereka, terutama dalam memberikan opsi layanan kesehatan secara digital kepada para pesertanya," kata Danu Wicaksana, Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia dalam siaran siaran pers pada Kamis.

Baca juga: Dirjen Aptika apresiasi klinik yang perkaya sistem "health tech"

Layanan tersebut dapat diakses di aplikasi Good Doctor yang mencakup konsultasi daring dengan dokter umum dan spesialis serta pembelian dan pengiriman obat secara instan (kurang dari satu jam) di seluruh Indonesia.

"Kami yakin kerja sama ini akan bermanfaat karena memudahkan seluruh peserta ASyKI dalam memperoleh layanan kesehatan secara praktis serta berkualitas kapan pun dan di mana pun," katanya.

Sementara itu, Mudzakir, SE, AAAIJ, AIIS, CHRP, Direktur Utama ASyKI mengatakan bahwa kerja sama dengan Good Doctor akan menambah manfaat asuransi kesehatan ASyKI, sehingga memberikan solusi terbaik bagi masyarakat dan peserta.

"Peserta ASyKI tidak hanya memperoleh perlindungan kesehatan yang mudah dan nyaman dalam satu genggaman, tetapi juga ta'awun (saling membantu) di antara sesama peserta sesuai dengan prinsip asuransi syariah. Peserta asuransi syariah merupakan keluarga besar yang saling menolong apabila terjadi musibah," katanya.

Telemedisin dapat menjadi peluang inovatif bagi asuransi syariah untuk terus berkembang karena telemedisin sesuai dengan gaya hidup masa kini yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan serta kompetitif dari sisi biaya. Biaya menggunakan telemedisin diklaimlebih murah daripada berobat ke dokter secara offline.

Studi kasus yang dilakukan oleh PT Good Doctor Technology Indonesia sepanjang tahun 2020—2021 menunjukkan bahwa dengan asumsi manfaat rawat jalan sekitar Rp2,5 juta per tahun maka nasabah hanya bisa berobat ke rumah sakit offline sebanyak enam kali dalam setahun, sedangkan dengan menggunakan layanan Good Doctor, mereka dapat melakukannya sebanyak 23 kali dalam setahun.

Baca juga: Good Doctor hadirkan layanan telemedisin di asuransi MAG

Baca juga: Survei: 98 persen masyarakat akan terus gunakan telemedisin

Baca juga: Lifebouy dan Halodoc berikan konsultasi dokter gratis hingga 2023

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022