Pangururan (ANTARA) - Sebanyak 152 mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) didampingi oleh 11 dosen pembimbing lapangan akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Tahun 2022 di Kabupaten Samosir selama dua bulan.

Ketua rombongan KKNT USU Dr Kintoko Rochadi di Pangururan, Kamis, mengatakan ke-152 mahasiswa berasal dari tiga fakultas, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian dan Fakultas Ilmu Budaya itu akan dibagi menjadi sembilan kelompok.

"Mereka akan berbaur dengan masyarakat selama dua bulan di Desa Sipira, Kecamatan Onanrunggu, Desa Tomok dan Kelurahan Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo," katanya.

Baca juga: 336 mahasiswa USU diterjukan praktik lapangan KKN di Serdang Bedagai

Ia menyampaikan KKNT ini bersifat reguler dimana selama dua bulan ke depan mahasiswa akan berada di lingkungan masyarakat yang nantinya melalukan kegiatan sekaligus mengimplementasikan ilmu yang didapat selama di bangku kuliah.

"Diharapkan selama KKNT mahasiswa mendapatkan pengalaman riil di masyarakat," katanya.

Sementara itu Pj Sekda Samosir Hotraja Sitanggang mengatakan pihaknya berharap mahasiswa bisa berbaur bersama masyarakat selama melakukan KKNT, sehingga melahirkan inspirasi dan sebaliknya masyarakat akan mendapat saudara baru, juga informasi yang lebih banyak.

"Berada di Kabupaten Samosir, harus memegang teguh falsafah orang Batak, yakni Dalihan Natolu," katanya.

Baca juga: USU siap kenalkan kehidupan kampus kepada 8.653 mahasiswa baru 2021

Baca juga: Mahasiswa USU terpilih jadi Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian


Ia menyebutkan Kawasan Danau Toba termasuk Kabupaten Samosir telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai salah satu Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP), sehingga berbagai perkembangan pembangunan sedang dalam progres dan sebagian sudah selesai dalam upaya mendukung Samosir menjadi tujuan wisata internasional.

"Persoalannya sekarang adalah bagaimana masyarakat Samosir, apakah sudah siap dalam menyambut dan memberi pelayanan yang terbaik bagi wisatawan nantinya. Maka, kehadiran mahasiswa itu sangat kami harapkan dalam membantu pemerintah daerah, dalam memberi pemahaman kepada masyarakat bagaimana memberi pelayanan yang baik di daerah wisata," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022