Surabaya (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak mahasiswa Universitas Surabaya untuk mengonsumsi produk dari hiburan lokal agar bisa melampaui Korea.

  "Kalau kita berkomitmen mengonsumsi entertainment lokal, insya Allah Indonesia bisa melampaui Korea dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan," kata Sandiaga saat membuka secara virtual acara "Kolabpreneur 2022" yang digelar di kampus Universitas Surabaya (Ubaya), Kamis.

  Sandiaga mengatakan, pariwisata Indonesia sudah naik 12 peringkat. Kenaikan itu, karena Presiden Joko Widodo mempunyai kebijakan untuk memberdayakan UMKM lokal.

  "Kita jangan hanya bangga, tapi juga harus pakai produk-produk Indonesia. Dengan semangat 3G yakni gercep (gerak cepat), gas pol, garap segera, saya yakin kalian bisa menjadi insan yang sukses," ujar dia.

Baca juga: Pemerintah bantu promosi dan produksi film lokal
  Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Kepresidenan Abetnego Tarigan yang turut hadir membahas mengenai prioritas pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang saat ini tengah menjadi prioritas presiden.

  "Kami terbuka dengan semua gagasan yang bertujuan untuk membangun SDM, seperti Kolabpreneur 2022," kata dia.

  Ia memberikan apresiasi kepada para peserta yang ikut kegiatan ini. Acara ini tidak hanya menjadi ruang untuk mengembangkan kapasitas tapi juga networking yang penting untuk ke depan.

  Kolabpreneur 2022 diadakan selama empat hari, mulai tanggal 22-25 September 2022. Kolabpreneur adalah kegiatan tingkat nasional yang diinisiasi oleh WU Hub Coworking Space.

  Acara tahunan yang diselenggarakan di tiap kota ini merupakan kompetisi ide inovasi yang meliputi empat cakupan topik, yakni green innovation, social innovation, creative innovation, dan culinary innovation. Kompetisi diikuti oleh pelajar, mahasiswa, profesional, UMKM, serta masyarakat umum.

Baca juga: Festival diharapkan bisa dorong ekosistem perfilman lokal Founder Kolabpreneur, Aprilando Suryokusumo, menuturkan pihaknya tidak ragu untuk memilih Ubaya sebagai tempat penyelenggaraan Kolabpreneur 2022 karena pencapaiannya sebagai nomor satu private university di Jawa Timur.

  "Oleh karena itu, kami yakin acara ini akan sukses berkat dukungan penuh dari Ubaya. Kami juga berharap setelah ini ada kerjasama lain dalam bentuk program inkubasi startup atau kebutuhan network dari WU Hub untuk Ubaya yang bisa kami fasilitasi," kata dia.

  Sementara, Rektor Ubaya, Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T mengatakan kampusnya sangat mendukung adanya pengembangan entrepreneurship di kalangan generasi muda melalui acara ini.

  "Ubaya ingin menciptakan iklim kondusif yang memunculkan budaya berinovasi di kalangan civitas akademika," ujar dia.

  Ia berharap, setelah acara ini mahasiswa dapat lebih membangun kemampuan berkolaborasi dan memiliki spirit entrepreneurship yang berkelanjutan.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022