Jakarta (ANTARA) - Dua pegolf Indonesia Rayhan Abdul Latief dan Jonathan Xavier Hartono mendapat pengalaman berharga setelah tampil dalam ajang bergengsi Junior Presidents Cup 2022 di di Myers Park Country Club, Charlotte, Kalifornia Utara, 19-20 September.

Mereka tampil bersama tim Interansional untuk melawan tim Amerika Serikat (AS). Meski tim Internasional akhirnya kalah 14–10, kedua pegolf Indonesia tetap mendapat banyak pelajaran dalam debut mereka di Junior Presidents Cup.

"Bisa masuk tim Internasional jelas sangat berarti buat saya dan saya merasa bangga. Saya belajar mengatasi masalah di lapangan dan menciptakan kerja sama tim yang baik," kata Rayhan melalui keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Kapten Tim Internasional asal Afrika Selatan Tim Clark memasangkan Rayhan dan Jonathan pada sesi fourball dan foursome yang berlangsung pada Senin (19/9).

Pada sesi fourball duet Rayhan-Jonathan sukses menyumbangkan poin berharga bagi Tim Internasional dengan menaklukkan pasangan AS Ethan Gao dan Henry Guan di Myers Park Country Club dengan keunggulan 2-up.

Mereka kembali berpasangan ketika turun pada sesi fourball untuk menghadapi Carson Kim dan Aaron Pounds.

Sempat memaksa duo Amerika itu bermain imbang hingga hole 8, Rayhan dan Jonathan mulai tertinggal 1-down di hole 9. Ketika Kim mencatatkan eagle di hole 17, harapan kedua wakil Indonesia ini pun pupus lantaran eagle tersebut memastikan kemenangan Tim AS 3&2 atas Tim Internasional.

Satu poin yang disumbangkan Rayhan dan Jonathan terbukti berharga lantaran ikut membantu Tim Internasional mengungguli Tim AS dengan skor 7,5 dan 4,5 menuju partai tunggal.

Jika Tim Internasional unggul secara kolektif, Tim AS membuktikan ketangguhannya secara individu dalam ajang match play beregu ini. Dari 12 anggota Tim AS, 8 di antaranya berhasil meraih kemenangan.

Jonathan dan Rayhan yang diturunkan dalam dua partai tunggal terakhir, masing-masing menghadapi Bryan Kim dan Carson Kim. Hasilnya Jonathan takluk 6&5 dari Bryan, sementara Rayhan mengakui ketangguhan Carson dengan 5&3.

Hanya Anson Yeo (Malaysia), Chris Richards Jr. (Trinidad dan Tobago), dan Ding Wenyi (China) yang berhasil menang pada partai tunggal.

Kekalahan ini sekaligus menjadi yang ketiga kalinya secara berturut-turut bagi tim Internasional sejak Junior Presidents Cup pertama kali diselenggarakan pada 2017.

Dua atlet muda selanjutnya akan bergabung dengan Randy Arbenata Mohamad Bintang, Jordan Indra Marcello, dan Amadeus Susanto menuju Asia-Pacific Amateur Championship yang bergulir di Amata Spring Country Club, Thailand pada 27-30 Oktober.

"Saya pikir saya bisa bersaing untuk memenangi Asia-Pacific Amateur Championship," kata Jonathan.

"Setelah itu akan ada Pondok Indah International Junior Golf Championship dan karena saya sempat menjadi kedi bagi Lydia Ko di Pondok Indah Golf Course, saya ingin bisa memenangkan turnamen itu juga," pungkasnya.


Baca juga: Pegolf Jonathan Wijono pimpin klasemen Players Championship 2022
Baca juga: Dua pegolf Indonesia masuk tim internasional Junior Presidents Cup
Baca juga: Lapangan Golf Rawamangun dinilai dapat jadi destinasi wisata

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022