Sasaran vaksinasi PCV untuk bayi usia 0-12 bulan. Jumlahnya 33.983 orang
Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menyasar 33.983 bayi menerima vaksin pneumococcal conjugate vaccine (PCV) dalam program pemberian vaksin pneumonia gratis tahun 2022 ini.

"Sasaran vaksinasi PCV untuk bayi usia 0-12 bulan. Jumlahnya 33.983 orang," kata Kepala Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Batam, Ika Fairuza saat dikonfirmasi melalui pesan singkat di Batam, Kamis.

Ia menjelaskan hingga saat ini pihaknya telah melakukan pelatihan kepada tenaga kesehatan yang nantinya bertugas memberikan vaksin PCV.

Namun hingga saat ini pemberian vaksin PCV kepada bayi masih belum terlaksana di Kota Batam.

Baca juga: Kadinkes Bali: Mulai September vaksin PCV untuk bayi gratis

Baca juga: IDAI anjurkan vaksin PCV diperluas hingga anak dengan komorbid


"Untuk pemberian vaksinnya belum terlaksana, karena kita belum ada instruksi untuk mulai. Vaksinnya juga belum datang," ujar dia.

Ika menyampaikan vaksinasi PCV bertujuan mencegah infeksi virus pneumococcus dan virus penyebab radang paru (pneumonia) pada anak.

Dinkes Batam akan memberikan imunisasi PCV secara gratis kepada anak-anak, melalui Posyandu, Puskesmas, dan layanan kesehatan pemerintah dan swasta.

"Di posyandu juga di fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta. Ini masuk ke imunisasi rutin balita nanti," demikian Ika.

Baca juga: ITAGI dukung pengadaan vaksin PCV, HPV dan Rotavirus di Indonesia

Baca juga: Kemenkes: Imunisasi PCV tanggulangi kematian balita akibat Pneumonia

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022