Sport Tourism

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 tawarkan rute menantang

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 tawarkan rute menantang

Soft opening IFG Labuan Bajo Marathon 2022 di Jakarta beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Humas IFG)

Labuan Bajo (ANTARA) - IFG Labuan Bajo Marathon 2022 pada 29 September 2022 menawarkan sensasi sport tourism yang memiliki rute menantang di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Ini road race, lomba jalan raya. Tapi topografi Labuan Bajo itu sangat menantang," kata Ketua Panitia dari IFG Fitri Istanti ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Kamis.

Menurut Fitri, lomba marathon yang diprakarsai Holding BUMN Asuransi Penjaminan dan Investasi, Indonesia Financial Group (IFG) yang berkolaborasi dengan Mesa Race Reza Puspo selaku penyelenggara.

Kegiatan ini adalah konsep wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga dengan rute melewati jalanan Labuan Bajo dengan kontur berbukit, elevasi yang bervariasi, serta cuaca tropis yang tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta.

Sepanjang rute, para peserta juga bisa menikmati pemandangan laut, gugusan pulau, dan pesona padang sabana yang memanjakan mata.

"IFG Labuan Bajo Marathon 2022 ini dapat menjadi capaian tertinggi seorang pelari saat berhasil menaklukkan kontur dan tantangan trek Labuan Bajo yang khas," katanya lagi.

Sementara itu CEO Mesa Race Reza Puspo IFG Labuan Bajo Marathon 2022 mengatakan peserta akan menghadapi topografi berbukit dengan elevasi yang bervariasi untuk setiap kategori.

Dia menyebut peserta kategori Full Marathon (42K) menghadapi elevasi mencapai 500 meter di atas permukaan laut. Sedangkan peserta kategori Half Marathon (21K) menghadapi elevasi 364 meter di atas permukaan laut.

Selanjutnya peserta kategori 10K dan 5K masing-masing akan menghadapi elevasi sekitar 135 meter dan 73 meter di atas permukaan laut dengan pemandangan Pantai Pede.

Reza menambahkan para peserta kategori 5K dan 10K juga akan melintasi perumahan warga Labuan Bajo sehingga dapat melihat langsung kehidupan masyarakat Labuan Bajo.

"Pengalaman mengenal kebudayaan penduduk Labuan Bajo memang menjadi tawaran tersendiri dari IFG Labuan Bajo Marathon 2022," kata dia menandaskan.

Perhelatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dipastikan terlaksana pada 29 September 2022 yang juga diisi dengan acara pentas seni dan budaya di Waterfront City Labuan Bajo pada 28-29 September 2022.


Baca juga: Borobudur Marathon 2022 disambut antusiasme tinggi
Baca juga: Menpora: POMNas 2022 momentum gairahkan sport tourism Sumatera Barat
Baca juga: Basarnas Labuan Bajo evakuasi 13 wisatawan dari Pulau Komodo

 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar