Kami membagikan bibit tanaman buah kepada warga Desa Huidu Melito, Kecamatan Tomilito, untuk menggalakkan rehabilitasi hutan
Gorontalo (ANTARA) - Satuan Radar (Satrad) TNI-AU 224 Kwandang, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengajak warga menanam bibit pohon dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan di daerah itu.

"Kami membagikan bibit tanaman buah kepada warga Desa Huidu Melito, Kecamatan Tomilito, untuk menggalakkan program rehabilitasi hutan dan lahan," kata Komandan Satrad TNI-AU 224 Kwandang, Mayor Lek Janner H. Silalahi di Gorontalo Utara, Kamis.

Penyediaan, penyerahan dan penanaman bibit tanaman buah tersebut, bekerja sama dengan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL), pemerintah kabupaten dan warga khususnya di sekitar komplek Satrad 224 Kwandang.

Tujuannya, kata Janner, untuk mencegah bencana alam khususnya tanah longsor, serta menjadi upaya menyukseskan program ketahanan pangan.

Baca juga: Pemkab Gorontalo Utara gandeng pihak lain rehabilitasi lahan kritis

Baca juga: Kabupaten Gorontalo berencana membangun taman hutan raya untuk riset


Sejak 14 September 2022, kata dia, pihaknya telah menyosialisasikan program tersebut. Juga telah menyiapkan lubang tanam dan pemupukan media tanam.

"Kami mendukung program yang dicanangkan pemerintah untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan daya dukung produktivitas pangan. Termasuk menjaga sistem penyangga kehidupan," katanya.

Olehnya, rehabilitasi hutan dan lahan tersebut dilakukan dalam bentuk reboisasi dengan pola agro forestri yang dilaksanakan di kawasan yang menjadi lokasi pertanian masyarakat.

Sebagai salah satu langkah memulihkan fungsi hutan, serta meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan di desa secara mandiri.

Sehingga masyarakat didorong menanam tanaman produktif seperti buah-buahan.

"Apalagi ini merupakan investasi bagi anak cucu kita. Termasuk mengembalikan lingkungan hijau khususnya di wilayah Bukit Goraka sebagai lokasi Markas Satrad 224 Kwandang," katanya.

Sebanyak 600 bibit buah, berupa bibit pohon durian, matoa, jambu kristal, nangka dan rambutan, diserahkan melalui kepala desa.

Acara iti juga dihadiri Ketua PIA Ardyha Garini ranting 04-15/daerah II Satrad 224 Kwandang, Dewi Janner H. Silalahi beserta pengurus, aparat dan Karang Taruna Desa Huidu Melito.

Baca juga: Hutan mangrove Baturapa Bolaang Mongondow direstorasi

Baca juga: Ritual mandi safar di Atinggola Gorontalo Utara dipadati pengunjung
Satun Radar 224 Kwandang membagikan 600 bibit pohon buah-buahan kepada pemerintah Desa Huidu Melito, Kecamatan Tomilito, Gorontalo Utara untuk menyukseskan rehabilitasi hutan dan lahan. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022