Palu (ANTARA) -
Persipal BU harus bersusah payah untuk menekuk tim tamu PSBS Biak 2-1 dalam laga lanjutan kompetisi Liga 2 Indonesia di stadion Gawalise, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis.

Laga yang berlangsung sengit itu sempat dihentikan selama 15 menit pada awal babak pertama lantaran diguyur hujan lebat yang mengganggu penglihatan para pemain.
 
Pertandingan kembali berlanjut, tim tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang dan langsung membuahkan gol pada menit 15 lewat kaki Moh Rifaldy yang memanfaatkan kemelut di depan gawang PSBS Biak dari hasil servis sepak pojok.
 
Meskipun memimpin dengan skor 1-0, laskar Tadulako julukan Persipal Bu berkali-kali mendapatkan tekanan dari tim tamu yang juga sama berambisi untuk memetik poin penuh.

Baca juga: Persipal BU lanjutkan rekor belum terkalahkan
 
Namun hingga babak pertama berakhir, tidak ada lagi tambahan gol yang tercipta. Sebaliknya menghasilkan tiga kartu kuning dari kubu PSBS Biak, satu kartu kuning dari tim tuan rumah.
 
Tekanan PSBS Biak kembali berlanjut babak kedua. Juru taktik Eka Raka memutuskan untuk mengganti pemain berposisi gelandang, kemudian memasukkan pemain pemain lainnya berposisi penyerang untuk memburu gol.
 
Pergantian itu akhirnya berbuah manis pada menit 66 lewat gol indah Rudy dari luar kotak penalti yang memanfaatkan umpan silang pemain belakang PSBS Anthonius, skor 1-1.
 
Menjelang berakhirnya laga dengan tensi pertandingan yang tinggi, kejutan kembali diciptakan anak-anak asuh pelatih Bambang Nurdiansyah.
 
Dewi fortuna berpihak pada tuan rumah Persipal BU pada pertambahan waktu 3 menit melalui sebuah servis tendangan bebas yang disambut dengan sundulan keras Afandi ke gawang PSBS Biak.

Baca juga: Persipal BU kelelahan jelang laga kontra Kalteng Putra
 
Skor 2-1 bertahan hingga akhir laga yang dimenangkan Persipal BU, sekaligus memperpanjang rekor belum terkalahkan dari lima pertandingan yang sudah dilakoni pada Liga 2 Indonesia grup wilayah Timur.
 
Sementara pelatih Persipal BU, Bambang Nurdiansyah mengaku puas dengan kerja keras yang ditunjukkan para pemain di lapangan karena mampu menjaga rekor belum terkalahkan.
 
"Kami bersyukur atas hasil ini karena akhirnya mendapatkan poin penuh dan sekali lagi ini adalah kerja keras pemain," ujar pelatih Persipal BU, Bambang usai pertandingan di stadion Gawalise, Palu, Kamis.
 
Meskipun begitu, Banur sapaan akrab pelatih Persipal BU, tidak ingin berlebihan menanggapi kemenangan tersebut karena masih ada pertandingan berikutnya.
 
Ditempat yang sama, pemain Persipal BU Hasan mengatakan hasil tersebut dipersembahkan untuk publik tuan rumah yang sudah memberikan dukungan penuh bagi tim.

"Kemenangan adalah doa-doa dari para pendukung Persipal BU yang sudah ikut berkontribusi dalam memberikan semangat bagi kami," demikian Hasan.
 
Berdasarkan hasil kemenangan itu, Persipal BU menggeser Persipura dari puncak klasemen sementara dengan 9 poin. Selanjutnya anak-anak asuh Banur itu akan kembali bentrok dengan Putra Delta Sidoarjo, Sabtu (1/10/2022).

Baca juga: PSBS Biak incar kemenangan laga tandang di Palu dan Manado
 

Pewarta: Muhammad Izfaldi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022