58 pekerja Jembatan Cinta dapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

58 pekerja Jembatan Cinta dapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Sejumlah pekerja renovasi Jembatan Cinta melaksanakan apel Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Kamis (22/9/2022). ANTARA/HO-Kominfotik Kepulauan Seribu

kami tekankan keselamatan kerja menjadi hal utama
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 58 pekerja renovasi Jembatan Cinta, Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan mendapat jaminan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Para pekerja mendapat perlindungan  ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mereka diikutsertakan ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan dari pihak kontraktor," kata Kepala Seksi Pencahayaan Kota Unit Kerja Teknis (UKT) 2 Kepulauan Seribu Wibi Abdi yang juga menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pekerjaan Renovasi Jembatan Cinta dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Selain mendapat perlindungan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) Ketenagakerjaan, Wibi mengatakan pekerja juga diwajibkan mematuhi aturan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) diantaranya penggunaan alat pelindung diri (APD) saat bekerja, seperti jaket, helm, sepatu bot, dan lain-lain.

"Memang kami tekankan keselamatan kerja menjadi hal utama. Sehingga, proses pekerjaannya berjalan dengan baik dan lancar," kata Wibi.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi meminta masyarakat ikut melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pekerjaan renovasi Jembatan Cinta yang menggunakan APBD sebesar Rp8,46 miliar.

"Renovasi jembatan cinta ini termasuk dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Kepulauan Seribu. Terlebih jembatan cinta sudah lama menjadi ikon di Kepulauan Seribu khususnya pariwisata permukiman di Pulau Tidung," katanya.

Junaedi menambahkan, progres pembangunan infrastruktur khususnya yang menunjang sektor kepariwisataan di Kepulauan Seribu menjadi fokus utama pengawasan masyarakat.

Sebab rehabilitasi objek-objek wisata ini menjadi modal utama promosi pariwisata bahari di Kepulauan Seribu.

"Bukan hanya melakukan rehabilitasi terhadap objek-objek wisata yang sudah ada, kami juga terus menggagas dan menciptakan objek-objek lainnya, seperti kampung Jepang di Pulau Untung jawa dan kawasan wisata religi di Pulau Panjang," kata Junaedi.

Diketahui, renovasi fisik Jembatan Cinta di Pulau Tidung dilakukan sepanjang 200 meter. Saat ini progres renovasi Jembatan Cinta sekitar 25 persen dan ditargetkan pertengahan bulan Desember 2022 ini selesai dan dapat dimanfaatkan pengunjung wisata saat pergantian tahun.
Baca juga: Memberdayakan potensi wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu
Baca juga: Imigrasi Priok rutin himpun laporan jumlah Wisman di Kepulauan Seribu
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu bangun penampungan air hujan di Pulau Harapan


 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar