Jakarta (ANTARA) - Belgia memetik kemenangan tipis 2-1 saat menjamu Wales dalam lanjutan UEFA Nations League A di Stade Roi Baudouin, Brussel pada Jumat (23/09) dini hari WIB.

Tuan rumah langsung unggul dua gol di babak pertama berkat Kevid de Bruyne dan Mitchy Batshuayi, Wales hanya bisa mencetak satu gol melalui usaha Kieffer Moore di babak kedua.

Hasil ini menempatkan Belgia sebagai runner-up Grup A4 di belakang Belanda. Belgia sementara mengumpulkan 10 poin dari lima laga, tertinggal tiga poin dari Belanda. Polandia baru mengumpulkan empat poin dan Wales baru satu.

Wales sempat merepotkan Belgia di awal pertandingan dengan permainan cepatnya.

Namun, tim tuan rumah sudah langsung memimpin pada menit ke-10. Sepakan mendatar Kevin de Bruyne menuntaskan umpan Michy Batshuayi sukses menjebol gawang yang dijaga Wayne Hennessey. Skor 1-0 untuk Belgia.

Belgia kembali mendapat peluang pada menit ke-14. Yannick Carrasco lolos dari Connor Roberts dan mengoper ke Youri Tielemans. Sayang, sepakan Tielemans dari jarak dekat cuma melebar.

Belgia nyaris menambah gol pada menit ke-30. De Bruyne menerima umpan dari Eden Hazard di tepi kotak penalti dan tembakannya hanya menghantam tiang gawang.

The Red Devil berhasil menggandakan keunggulan mereka pada menit k-37. Kali ini giliran Batshuayi yang mencetak gol dan De Bruyne bikin assist. Gelandang Manchester City itu lolos dari penjagaan Ethan Ampadu lalu mengirim umpan silang, yang disambar Batshuayi dari jarak dekat. Skor menjadi 2-0.

Jelang babak pertama usai, De Bruyne sempat mendapatkan peluang. Sepakannya dibelokkan ke luar lapangan dengan kaki Wayne Hennesey. Kedudukan tetap bertahan 2-0.

Selepas jeda. Wales mencetak gol cepat pada menit ke-50, Kieffer Moore menuntaskan umpan silang yang dikirimkan oleh Brennan Johnson. Tim tamu memperkecil kedudukan menjadi 2-1.

Peluang buat Wales pada menit ke-69. Dan James menjauh dari Thomas Meunier dan melepaskan umpan silang yang disundul Gareth Bale. Sayang percobaan mantan pemain Real Madrid itu masih melambung di atas gawang Thibaut Courtois.

Belgia sempat mendapatkan penalti pada menit ke-78 karena pelanggaran Joe Morrell terhadap De Bruyne. Namun, keputusan wasit diubah setelah meninjau lewat Video Assistant Referee (VAR).

Wales membuang peluang bagus pada menit ke-86. Connor Roberts memantulkan umpan silang untuk Johnson, tetapi tembakannya melebar.

Wales terus menekan dan Courtois harus menyelamatkan gawangnya dari sepakan keras Dan James. Sayang hingga laga selesai, tidak ada gol lain tercipta.

Belanda dan Belgia akan bertemu di partai terakhir Grup A4 di Amsterdam, untuk menentukan juara grup.

Susunan Pemain:
Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Zeno Debast, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen; Thomas Meunier, Youri Tielemans (Vanaken 76'), Axel Witsel, Yannick Carrasco (Dries Mertens 65'); Kevin de Bruyne (Charles de Ketelaere 92'), Eden Hazard (Leandro Trossard 65'); Michy Batshuayi (Openda 65')

Wales (3-4-2-1): Wayne Hennessey; Connor Roberts, Joe Rodon, Chris Mepham, Neco Williams; Matthew Smith (Morrell 64'), Ethan Ampadu, Rhys Norrington-Davies (Tyler Roberts 84'); Dan James, Kieffer Moore (Gareth Bale 65'), Brennan Johnson

Baca juga: Ivan Toney tidak akan sia-siakan kesempatan bela timnas Inggris

Baca juga: Positif COVID-19, Neuer dan Goretzka akan absen bela timnas Jerman

Baca juga: Ukraina ditahan imbang Irlandia, Bosnia tekuk Finlandia 3-2

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022