Kalau target kami pada Pemilu 2024 bisa mencapai 79,5 persen.
Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 naik dibanding pemilu sebelumnya.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Lampung Antoniyus mengatakan, partisipasi pemilih Lampung pada pemilu sebelumnya naik kurang lebih enam persen. Karena itu, pada Pemilu 2024 partisipasi pemilih juga harus meningkat.

"Pada pemilu sebelum ini kita naik partisipasi pemilihnya. Kalau target kami pada Pemilu 2024 bisa mencapai 79,5 persen. Ini juga sesuai dengan target KPU RI," kata dia, saat menjadi narasumber sosialisasi tahapan pemilu, di Metro, Kamis.

Oleh karena itu, KPU Lampung akan melakukan sosialisasi baik secara digital melalui media sosial maupun secara konvensional dan tatap muka.

Ia menjelaskan, sosialisasi secara digital dilakukan untuk mengajak kaum milenial untuk menggunakan suaranya pada Pemilu 2024 ini. Sebab, saat ini banyak milenial yang menggunakan media sosial.

"Macam-macam platform nanti akan kami gunakan. Nanti kami buat konten yang menarik untuk mengajak milenial menyalurkan hak suaranya. Kami juga akan menggandeng influencer," katanya pula.

Sedangkan, untuk menjangkau daerah di Provinsi Lampung yang akses internetnya belum memadai, KPU akan tetap melakukan sosialisasi secara tatap muka.

"Kami akan jangkau masyarakat keluarga, tokoh agama, masyarakat kelompok marginal, kemudian juga daerah terluar dan rawan bencana akan kami jangkau," kata dia lagi.

Dia menambahkan, KPU juga sudah menyediakan aplikasi digital yang bisa diunduh oleh masyarakat, sebagai upaya untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.
Baca juga: KPU Lampung "Goes To Campus" sosialisasi kepada pemilih
Baca juga: Rakata Institute nyatakan Partisipasi pemilih di Lampung cukup tinggi

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi/Hendra Kurniawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022