Singapura (ANTARA) - Yen berada di jalur untuk keuntungan mingguan pertamanya dalam lebih dari sebulan pada Jumat, setelah otoritas Jepang melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk pertama kalinya sejak 1998, sementara dolar yang menjulang tinggi membuat mata uang lainnya disematkan di dekat posisi terendah multi-tahun.

Mata uang Jepang menguat sekitar 0,1 persen menjadi 142,24 per dolar pada awal perdagangan Asia, meskipun perdagangan tipis karena Jepang sedang libur umum.

Yen mengumpulkan lebih dari 1,0 persen dan mencapai terendah sesi 140,31 pada Kamis (22/9/2022), di tengah berita bahwa Jepang telah membeli yen untuk mempertahankan mata uang yang babak belur.

Langkah itu, yang terjadi pada akhir sesi Asia, datang setelah Bank Sentral Jepang (BOJ) terjebak dengan suku bunga yang sangat rendah, yang membuat yen jatuh ke terendah baru 24 tahun dan meluncur melewati 145 per dolar setelahnya.

"Mengingat bahwa (BOJ) berjalan ... melawan serangkaian kenaikan suku bunga bank sentral lainnya, untuk memiliki peluang keberhasilan, mereka harus berada dalam hal ini untuk jangka panjang," kata Ray Attrill, kepala strategi valas di National Australia Bank.

"Perasaan saya adalah bahwa hukum pengembalian yang semakin berkurang akan ditetapkan, sejauh menyangkut intervensi."

Sementara itu, sterling naik 0,05 persen menjadi 1,12645 dolar, tetapi tetap tidak jauh dari level terendah baru 37 tahun 1,1213 dolar yang dicapai di sesi sebelumnya dan sedikit dibantu oleh kenaikan suku bunga 50 basis poin oleh bank sentral Inggris semalam.

Euro, Aussie dan Kiwi juga mendekam di dekat posisi terendah baru pada Jumat pagi di hadapan greenback yang melonjak, yang telah menerima dorongan dari Federal Reserve yang sangat hawkish dan naiknya imbal hasil obligasi pemerintah yang menjaga dolar dalam permintaan.

Imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun mencapai tertinggi 11 tahun sebesar 3,718 persen semalam, sementara imbal hasil dua tahun tetap jauh di atas 4,0 persen dan terakhir mencapai 4,1223 persen.

"Ironisnya, saya benar-benar berpikir bahwa kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS semalam, khususnya obligasi 10-tahun, adalah akibat langsung dari pandangan bahwa bank sentral Jepang harus menjual obligasi pemerintah, untuk memasok dolar dalam upaya intervensi ... di luar dolar/yen, itu akan membuat dolar lebih menarik terhadap mata uang lainnya," kata Attrill.

Indeks dolar AS menguatkan ke 111,27, melayang di dekat posisi tertinggi dua dekade di 111,81 pada sesi sebelumnya, dan berada di jalur untuk kenaikan mingguan 1,5 persen.

Euro sedikit naik 0,02 persen menjadi 0,9836 dolar, setelah jatuh ke palung baru 20 tahun di 0,9807 dolar semalam.

Indeks manajer pembelian September untuk zona euro, Inggris dan Amerika Serikat akan dirilis pada Jumat, yang akan memberikan gambaran yang lebih baik tentang prospek global yang suram.

Aussie naik 0,11 persen menjadi 0,6649 dolar AS, sedangkan Kiwi diperdagangkan 0,05 lebih tinggi pada 0,5849 dolar AS, keduanya jatuh ke level terendah sejak 2020 di sesi sebelumnya.

Baca juga: Yen naik setelah Jepang intervensi dengan dukungan pertama sejak 1998

Baca juga: Mata uang utama stabil di Asia, saat dolar bersiap untuk uji inflasi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022