Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) mempromosikan pariwisata Jakarta di Bangkok, Thailand, dalam kegiatan" Incentive Travel & Conventions, Meetings (IT&CM) Asia 2022" pada 20-22 September 2022.

Dalam a pameran di Bangkok Convention Center, Central World Bangkok, Thailand, tersebut, perwakilan Jakarta menargetkan untuk memperkuat posisi Jakarta di industri "Meeting, Incentive, Convention and Exhibition" (MICE).

Karena itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan, pada kegiatan itu pihaknya turut menggandeng industri MICE.

Antara lain Balai Sidang Jakarta Convention Center, Lovin Tours Indonesia, Archipelago International Indonesia, Amora Mulia Tour & Travel, Pullman Jakarta Central Park dan Universal Tour&Travel Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh pelaku industri potensial di bidang MICE dan merupakan salah satu referensi bagi industri MICE khususnya di Asia Tenggara. Peserta pameran melakukan pertemuan bisnis tatap muka yang memberikan peluang menarik bagi industri MICE.

"Karena itu, kami mendorong industri MICE untuk membuat dan membawa acara ke Jakarta dan menyediakan dukungan fasilitasi serta tempat yang memadai," ujar Andhika.

Andhika mengatakan, Kota Jakarta telah aktif mengembangkan sarana dan prasarana MICE selama lima tahun.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta adakan konser gratis di TIM

Saat ini, Jakarta memiliki arena sepakbbola Jakarta International Stadium (JIS) dengan total kapasitas hingga 82.000 orang. Selain itu di Jakarta juga bisa menjadi lokasi penyelenggaraan berbagai acara seperti di Kepulauan Seribu.

Tahun ini Jakarta telah sukses menjadi tuan rumah "Urban 20 (U20) Mayors Summits" yang merupakan salah satu Engagement Group dari Presidensi G20 Indonesia dan akan memfasilitasi lebih dari 30 industri penerbitan global pada "International Publishers Association World Congress" ke-33 pada 10-12 November 2022

Menurut Andhika, partisipasi Jakarta pada IT&CM Asia 2022 ini dapat menjadi platform promosi dan amplifikasi yang tepat bagi para pelaku industri MICE di Jakarta untuk meningkatkan citra Jakarta sebagai destinasi yang mampu menjadi tuan rumah bagi acara berskala internasional.

Keikutsertaan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta pada IT&CM Asia 2022 disambut positif oleh Atase Perdagangan KBRI Bangkok Flora Susan.

Menurut Flora, Jakarta harus aktif ikut serta pada kegiatan internasional untuk menarik wisatawan mancanegara datang ke Jakarta sehingga dapat membangkitkan ekonomi.

Flora juga memuji tampilan gerai Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta yang menampilkan warna-warni dan menyajikan jajanan khas Jakarta. Hal ini dapat menarik pengunjung untuk datang ke gerai Jakarta.
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022