Jakarta (ANTARA) - Chile akan memberikan vaksin tahunan COVID-19 kepada populasi yang berisiko atau rentan mulai Oktober nanti, kata Menteri Kesehatan Chile Ximena Aguilera pada Kamis (22/9).

Vaksin ini akan tersedia sama seperti vaksin tahunan untuk flu, tuturnya.

"Vaksin tahunan yang ditujukan untuk kelompok rentan disertakan dengan cara yang sama seperti program vaksinasi influenza dan akan dimasukkan dalam Program Imunisasi Nasional," kata pejabat tersebut dalam wawancara dengan radio lokal Cooperativa.

"Kami tidak mengesampingkan bahwa di masa mendatang akan ada ketersediaan yang lebih banyak bagi kelompok populasi lainnya yang ingin mendapatkan vaksinasi secara sukarela," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa sebuah vaksin bivalen akan digunakan dalam rencana inokulasi tahunan ini.

Populasi rentan menurut pemerintah Chile mencakup warga berusia di atas 60 tahun, tenaga kesehatan, penyandang penyakit kronis atau sistem imun lemah, serta pengidap obesitas, urai Aguilera.

Menurut Kementerian Kesehatan Chile, formula vaksin bivalen memiliki potensi untuk melindungi dari varian Omicron virus corona.

Per 1 Oktober, Chile akan mencabut aturan wajib masker dan pembatasan jumlah orang dalam ruang publik dan pribadi, serta menghapus paspor COVID-nya, semua kebijakan yang diberlakukan lebih dari dua tahun yang lalu untuk mencegah penyebaran virus corona.

Negara Amerika Selatan itu melaporkan 4.594.519 kasus terkonfirmasi COVID-19 dan 60.974 kasus kematian akibat penyakit itu sejak wabah mulai merebak. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022