Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik meminta agar gateball, olahraga modifikasi dari permainan croquet yang menggunakan palu untuk memukul bola, disosialisasikan di seluruh sekolah di daerah itu.

"Saya harap gateball disosialisasikan di seluruh sekolah. Jangan hanya di lingkungan pemerintahan saja tetapi saya minta digelorakan di sekolah-sekolah," kata Akmal Malik, saat membuka turnamen gateball antar-OPD se- Provinsi Sulbar, Jumat.

Turnamen gateball antar-OPD tersebut digelar sebagai rangkaian peringatan hari jadi ke-18 Provinsi Sulbar.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR, khususnya Dinas PU Provinsi Sulbar yang sudah mengagendakan kegiatan tersebut.

Penjabat Gubernur berharap olahraga gateball dapat bergeliat di Sulbar.

"Alhamdulillah, apa yang sudah dicanangkan sebelumnya di Stadion Manakarra Mamuju untuk mengagendakan sekali sebulan olahraga gateball, sudah dilaksanakan," ujar Akmal Malik.

Ia menyampaikan, tidak semua OPD lingkup Sekretariat Provinsi Sulbar mengikuti kegiatan tersebut, sehingga meminta agar OPD yang tidak ikut untuk dilakukan turnamen susulan.

"Saya dengar ada 32 OPD yang ikut dan yang tidak ikut saya minta membiayai konsumsi kegiatan ini. Yang belum hadir nanti juga kita akan adakan turnamen susulan," kata Akmal Malik.

Apalagi menurutnya, saat ini olahraga gateball mulai digemari oleh masyarakat, sehingga ia berharap olahraga ini juga dapat digemari masyarakat di Sulbar.

Penjabat Gubernur meyakini, ke depan olahraga tersebut akan berkembang.

"Saya yakin ke depan cabang olahraga gateball akan diperlombakan secara
nasional," kata Akmal Malik.


Baca juga: Kementerian PUPR dorong pengembang sediakan lahan olahraga gateball
Baca juga: Bupati ingin kejuaraan Gateball jadi agenda tahunan di Bogor
Baca juga: Komunitas gateball Indonesia diminta terus ukir prestasi

Pewarta: Amirullah
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022