aktivitas seperti ini harus diperbanyak
Jakarta (ANTARA) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) DKI Jakarta, Ferry Farhati Baswedan, mendorong kegiatan dongeng rutin dilakukan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Istri Anies Baswedan itu mengatakan bahwa kegiatan dongeng memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menstimulasi perkembangan bagi anak PAUD.

“Insya Allah aktivitas seperti ini harus diperbanyak apakah di RPTRA, sekolah, rumah, setelah itu juga berkreasi, mudah-mudahan ini menjadi pengalaman yang menarik dan berkesan untuk anak-anak sampai mereka dewasa,"kata Ferry Farhati di Jakarta, Jumat.

Ferry menambahkan bahwa mendongeng juga dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi anak.

Baca juga: Wagub DKI sebut akan terbit regulasi ajak masyarakat ikuti PAUD

Selain itu, lanjutnya, melalui kegiatan mendongeng itu setiap anak juga belajar untuk percaya diri

"Karena dengan dongeng nilai-nilai ditanamkan tanpa terasa kepada anak-anak," ujar Ferry.

Bunda PAUD Jakarta Timur, Diah Anwar, mengatakan pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada Ferry Farhati karena telah memotivasi anak-anak di wilayahnya melalui kegiatan mendongeng.

"Mudah-mudahan ini menjadi pengalaman yang menarik dan berkesan untuk anak-anak sampai mereka dewasa," kata Diah.

Baca juga: Jakarta Selatan gelar dongeng virtual hibur murid PAUD dan TK

Tak hanya itu, Diah juga berpesan kepada pengajar PAUD agar tidak berhenti belajar sehingga ilmu-ilmu yang diserapnya itu dapat ditularkan kepada murid-murid PAUD.

Hal itu karena pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam membangun karakter sebagai  generasi penerus bangsa.

"Pendidikan dini ini akan membentuk karakter generasi penerus yang berkeperibadian baik, kuat dan mandiri," kata Diah.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022