Banda Aceh (ANTARA) - Anggota DPR RI Illiza Sa'aduddin Djamal mengajak masyarakat Aceh untuk bersiap-siap menghadapi pelaksanaan PON XXI yang berlangsung di provinsi ini pada 2024.

"Dari sekarang ayolah kita persiapkan karena akan ada ribuan orang yang datang ke Aceh saat PON nanti, kita harus persiapkan dengan baik," kata Illiza Sa'aduddin Djamal, di Banda Aceh, Jumat.

Ia menyampaikan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan masyarakat Aceh saat perhelatan "event" olahraga terbesar di Indonesia itu. Salah satunya, menyiapkan suvenir dan "homestay" untuk menyambut mereka.

Baca juga: Aceh ajukan anggaran pembangunan arena PON sebesar Rp3,5 triliun

"Bahkan kita harus mempersiapkan senyuman karena memuliakan tamu adalah adat kita (Aceh), tamu membawa rahmat bagi kita," ujar mantan Wali Kota Banda Aceh itu.

Ia mengatakan bahwa saat dirinya bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali telah menerima kabar bahwa proposal Aceh belum semuanya masuk.

Baca juga: Pemerintah Aceh optimistis pembangunan venue PON tuntas awal 2024
Baca juga: KONI Pusat minta pengurus Aceh fokus pada pembinaan atlet PON


"Saya harapkan itu cepat selesai agar dapat segera dimulai pembangunan stadion sehingga nantinya tidak ada kendala," kata Illiza.

Ia berharap semua kebutuhan terutama "venue" pelaksanaan PON 2024 segera disiapkan sebaik mungkin, termasuk "venue di daerah kabupaten/kota sehingga "event" tersebut benar-benar berjalan baik.

Untuk diketahui, PON 2024 bakal berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara, di mana masing-masing provinsi mendapatkan pelaksanaan 33 cabang olahraga yang dipertandingkan.

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022