Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Bina Nusantara (Binus), Prof Dr Engkos Achmad 
Kuncoro mengemukakan, seluruh universitas di Indonesia harus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap bersaing di platform digital.

Hal tersebut dilakukan lantaran persaingan usaha di dalam negeri maupun internasional telah masuk ke ranah digital.

"Perguruan tinggi harus mampu menyeimbangkan perubahan dinamika di sektor industri, dengan melakukan adaptasi terhadap sistem akademiknya dan bisa menjawab tantangan pekerjaan ke depan,” kata Engkos 
dalam orasi ilmiahnya ketika dikukuhkan menjadi guru besar di Universitas Bina Nusantara di Jakarta Barat, Sabtu.

Engkos menjelaskan, platform kooperatif saat ini merupakan jenis bisnis yang sedang berkembang. Perkembangan terjadi seiring dengan majunya teknologi komunikasi dan mulainya bermunculan platform bisnis.

Tidak hanya dalam bisnis umum saja, dia juga menilai platform kooperatif ini juga bisa diadaptasi oleh sistem koperasi demi majunya perekonomian bersama.

"Saya menawarkan tiga opsi, pertama digital transformasi di koperasi, kemudian mendirikan platform transformasi yang baru di semua sistem ekonomi dan ketiga adalah 
koorporasi perusahaan swasta yang saat ini telah ada," kata dia.

Baca juga: BPS DKI ungkap biaya perguruan tinggi turut sebabkan inflasi Jakarta
Baca juga: Pemprov DKI berikan KJP bagi siswa lolos perguruan tinggi negeri

Namun demikian, semua gambaran kemajuan usaha di ranah digitalisasi itu akan sulit tercapai jika universitas tidak mencetak deretan SDM yang mumpuni.

Tidak hanya berupa dukungan kurikulum pengajaran, dia juga berharap universitas bisa memberikan fasilitas fisik demi menunjang pembelajaran mahasiswa di bidang pengembangan platform digital.

"Sebagaimana koperasi membutuhkan bantuan dalam teknologi informasi. Karena itu, diharapkan perguruan tinggi dengan dukungan dosen ahli dapat menyediakan platform koperasi untuk masyarakat yang membutuhkan,” kata dia.

Dia berharap dengan SDM mumpuni yang dicetak oleh universitas, seluruh mahasiswa bisa memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dengan maksimal demi kemajuan ekonomi bangsa.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022