Jakarta (ANTARA) - Louis van Gaal bersikeras tim nasional (timnas) Belanda akan mengalahkan Belgia pada Senin (26/09) untuk mengamankan posisi teratas dalam Liga A di UEFA Nations League.

Belanda memiliki keunggulan tiga poin di puncak Grup Empat Liga A dan akan memenangkan grup selama mereka menghindari kekalahan dari Belgia di Amsterdam Arena pada Senin (26/09).

"Kami akan menang besok. Lebih baik pergi ke Piala Dunia tanpa terkalahkan daripada kalah di pertandingan terakhir. Itulah yang saya katakan kepada para pemain," kata Van Gaal dalam konferensi pers yang dikutip Reuters pada Sabtu.

Belgia, yang kalah 1-4 dari Belanda di Brussel pada Juni, harus menang dengan tiga gol untuk merebut posisi teratas dan melaju ke putaran final UEFA Nations League pada Juni 2023.

"Bila terjadi, itu akan pantas," kata Van Gaal.

"Namun, saya percaya pada pemain saya dan mereka akan memenangkannya. Begitulah cara saya mempersiapkan mereka. Saya tidak mengharapkan kekalahan. Para pemain saya selalu fokus dan itulah mengapa saya selalu memberi tahu mereka susunan pemain dua hari sebelumnya sehingga mereka bisa fokus," tambahnya.

Baca juga: Dua gol Memphis Depay turut bawa Belanda hancurkan Belgia

Van Gaal menilai bahwa Belgia akan bermain dengan gaya yang sama saat menghadapi timnya pada Juni lalu.

"Kami telah menganalisis mereka dan saya melihat tim yang selalu bermain dengan konsep permainan yang sama. Saya tidak bisa melihat Belgia tiba-tiba melakukan sesuatu yang berbeda," kata pelatih berusia 71 tahun itu.

Namun, dia mengatakan dia senang bahwa Belanda akan mendapatkan ujian berat di laga internasional terakhir mereka sebelum Piala Dunia di Qatar, di mana mereka berada di Grup A dengan tuan rumah, Ekuador dan Senegal.

"Saya lebih suka bermain melawan lawan seperti ini. Saya sangat senang karena ada pemain dengan kualitas terbaik yang bermain untuk Belgia," katanya.

Bila Belanda menang pada Senin, itu akan menjadi kemenangan ke-37 Van Gaal dari 58 pertandingan sebagai pelatih dan menyamai rekor Dick Advocaat sebagai pelatih Belanda dengan kemenangan terbanyak.

Timnas Belanda tidak pernah kalah dalam 14 pertandingan sejak Louis van Gaal kembali melatih timnas tahun lalu.

Baca juga: Belanda raih kemenangan 2-0 di kandang Polandia
Baca juga: Belgia raih kemenangan tipis 2-1 saat jamu Wales
Baca juga: Gol Mbappe dan Giroud bantu Prancis tekuk Austria 2-0

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022