Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pasien COVID-19 di daerah itu bertambah 14 orang, sehingga pasien terpapar virus corona aktif yang masih menjalani isolasi menjadi 87 orang.

"Hari ini kasus orang terpapar COVID-19 lebih banyak dibandingkan pasien sembuh yang hanya 12 orang, pasien meninggal satu orang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Minggu.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Babel bertambah 10, naik jadi 86 orang

Ia mengatakan berdasarkan data kasus COVID-19 harian terbaru, sebanyak 14 kasus orang terpapar virus corona yang tersebar di Bangka enam orang, Pangkalpinang enam orang, Bangka Tengah dua orang, sementara itu Bangka Selatan, Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur tanpa penambahan kasus.

"Hari ini pasien COVID-19 di Pangkalpinang meninggal dan telah dimakamkan sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Ia menyatakan dengan penambahan kasus orang terpapar virus corona ini, pasien COVID-19 aktif yang masih menjalani isolasi menjadi 87 orang, yakni di Bangka 24 orang, Pangkalpinang 21 orang, Belitung 14 orang, Bangka Tengah 12 orang, Bangka Barat 9 orang, Bangka Selatan 5 orang, dan Belitung Timur 2 orang pasien.

Baca juga: Jumlah pasien COVID-19 di Bangka Belitung berkurang

Baca juga: Pasien COVID-19 di Babel bertambah sembilan jadi 79 orang


"Saat ini ketersediaan ruang isolasi di rumah sakit penanganan COVID-19 masih sangat memadai untuk merawat pasien COVID-19," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, pola hidup bersih, sehat dan bagi warga yang belum divaksinasi harus segera mendatangi fasilitas yang menyediakan vaksin sebagai upaya membangun kekebalan tubuh dari virus dan mencegah mutasi.

"Pengabaian dan menyepelekan akan menghambat upaya kita bersama dan tidak sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam membebaskan daerah ini dari COVID-19," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022