Terima kasih, setelah (hampir) tiga tahun tidak bisa bertemu
Tangerang (ANTARA) - Grup idola K-pop SEVENTEEN membuka gelaran konser "BE THE SUN] - JAKARTA" hari pertama di ICE BSD City yang berlangsung Sabtu (24/9) malam.

Konser yang berlangsung sekitar tiga jam itu menghadirkan berbagai momen tak hanya penampilan grup membawakan lagu-lagu mereka, tapi juga kejutan singkat salah satu personel grup, curahan sesal hingga kesan-kesan personel grup menjadi bagian dari momen-momen itu.

Baca juga: Curahan sesal Seungkwan SEVENTEEN di sela konser Sabtu malam

Berikut ulasan singkatnya:

1. Konser dibuka dengan "HOT"

SEVENTEEN tetap menjadikan "HOT" sebagai lagu pembuka konser semalam. Lagu ini juga menjadi pembuka konser mereka di Seoul pada Juni lalu dan kawasan Amerika Utara pada Agustus 2022.

Sebanyak 13 personel grup yakni Vernon, Mingyu, Wonwoo, S.Coups, Woozi, DK, Seungkwan, Jeonghan, Joshua, Dino, The8, Jun dan Hoshi muncul di atas panggung sekitar pukul 18.35 WIB, mengenakan busana serba hitam.

Setelah berpose sesaat, mereka melantunkan baris-baris lirik lagu "HOT" yang menjadi bagian dalam album keempat berjudul "Face the Sun", dirilis tahun 2022.

Koreografi energik sesuai ritme lagu berpadu tata cahaya dan efek di layar besar dengan nuansa merah dan oranye menjadi pendukung penampilan pembuka SEVENTEEN itu. Panggung seakan menyala dengan efek itu.

Baca juga: Jun SEVENTEEN bawakan perdana lagu solo "LIMBO" di Indonesia

2. Konser pelepas rindu dan stres

Para personel grup menyatakan rasa rindu mereka kepada para penggemar atau CARAT di Indonesia. Konser kali ini menjadi kali pertama sejak konser terakhir mereka dua tahun lalu yakni "Ode to You" (2019).

"Apa kabar, sudah lama tak bertemu. Terima kasih banyak sudah datang ke sini karena sudah lama tidak bertemu," kata Mingyu.

Pemimpin SEVENTEEN S.Coups masih ingat dua tahun lalu tak dapat berpartisipasi dalam konser hingga akhir karena masalah kesehatan. Dia mengatakan berusaha mengembalikan kehilangan penggemar saat itu melalui konser kali ini.

Vernon juga menyatakan rasa rindunya pada para CARAT. Dia dan tim berjanji memberikan penampilan terbaik mereka malam itu

"Lama tak betemu, Jakarta. Karena sudah lama kami tidak ke sini, kami akan memberikan yang terbaik untuk kalian, terima kasih," tutur dia.

Baca juga: "HOT" jadi pembuka konser SEVENTEEN di Indonesia malam ini

Sementara itu, Wonwoo berharap para penggemar bisa melepas rasa stres mereka melalui konser grupnya.

"Terima kasih sudah meluangkan waktu berharga kalian. Semoga semua stres hari ini hilang," kata dia.

3. Jun SEVENTEEN bawakan langsung lagu solo baru

Wen Junhui atau dikenal sebagai Jun SEVENTEEN membawakan sebaris lirik single barunya berjudul "LIMBO" untuk kali pertama.

Penyanyi asal Negeri Tirai Bambu itu sembari bernyanyi juga menunjukkan koreografi tepat pada lirik "Reborn in my limbo. A dream in a dream, sweet dream. Burning in my limbo".

Para penggemar SEVENTEEN atau CARAT menjerit mendengar itu dan teriakan mereka semakin kuat saat melihat bagian depan kaus yang Jun kenakan terangkat sehingga memperlihatkan otot-otot perutnya. Kamera bahkan memperbesar otot-otot perut Jun.

Sebelummya, rekan Jun, Vernon juga sempat membawakan koreografi "LIMBO" saat sesi bincang bersama penggemar.

Baca juga: Seventeen mendarat di peringkat keempat "chart" album utama Billboard

Single "LIMBO" beserta video musiknya dirilis sehari sebelumnya atau 23 September lalu di berbagai penyedia layanan musik. Video musik single yang diunggah di laman HYBE LABELS itu sudah ditonton sebanyak 1,6 juta kali.
Grup idola K-pop SEVENTEEN dalam gelaran konser "[BE THE SUN] IN JAKARTA di ICE BSD City, Sabtu (24/9/2022). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
 
Grup idola K-pop SEVENTEEN dalam gelaran konser "[BE THE SUN] IN JAKARTA di ICE BSD City, Sabtu (24/9/2022). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


4. Performa energik ke-13 personel dan penampilan masing-masing tim

SEVENTEEN tampil energik melalui pilihan lagu-lagu mereka seperti "HOT", "HIT", "Rock With You", "Mansae", "VERY NICE"," Shadow", "Snap Shoot", "Left & Right" dan "Crush". Duet Joshua dan Vernon melalui lagu "2 MINUS 1" juga menjadi penambah suasana semangat malam itu.

Para personel grup juga tampil sesuai tim masing-masing. Tim performa yang beranggotakan Hoshi, Jun, The8 dan Dino tampil pertama, membawakan "Moonaalk" dan "Wave". Saat menyanyikan "Moonwalk" mereka memadukan keanggunan dan gerak tubuh yang dinamis.

Setelahnya giliran tim vokal yakni Jeonghan, Seungkwan, DK, Joshua dan Woozi yang menyanyikan "Come to me" dan "Imperfect Love", dua lagu yang menyentuh hati penggemar.

Baca juga: SEVENTEEN rilis album "SECTOR 17" hari ini

Mereka sempat mempersilahkan para penggemar bernyanyi bersama usai reff lagu kedua.

Terakhir, tim hip hop dengan anggota S.Coups, Vernon, Mingyu dan Wonwoo menghadirkan dua lagu mereka yakni "GAM3 BO1" dan "Back it up" versi rock. Getaran energi dan kharisma mereka tonjolkan selama tampil.

Di sela sesi bincang-bincang, Woozi sempat melantunkan secuil lirik lagu solonya "Ruby". Kemudian, Seungkwan yang dikenal rekan-rekannya sebagai raja lagu tema drama juga menunjukkan kemampuan vokalnya tanpa iringan musik.

Saat itu dia menyanyikan beberapa baris lirik lagu "The Reason" yang menjadi lagu tema drama "Lovestruck in the City". Drama ini dibintangi aktor Ji Chang-wook dan Kim Ji-won.

Penampilan energik SEVENTEEN rupanya dibarengi energi luar biasa CARAT yang hadir malam itu. Vernon dan Hoshi termasuk yang memuji energi itu. Sementara itu, Joshua mengatakan, "Sesuai judul konser kami kali ini, "BE THE SUN", Kami akan memberikan cahaya bagi Anda semua".

5. Aksi berbahasa Indonesia

Seperti dalam konser-konser sebelumnya, para personel grup unjuk kemampuan mengucapkan kata-kata dalam bahasa Indonesia seperti "apa kabar", "terima kasih", "aku cinta kamu" dan "kami kangen sekali".

Hoshi menambahkan kata baru dalam kamus bahasanya yakni "sekarang jam berapa?, walau harus mengucapkannya terbata-bata.

Baca juga: BTS dan Seventeen raih sertifikasi dobel platinum di Jepang

"Wah sulit ternyata," ucap Hoshi setelah mencoba mengucapkan kalimat itu berkali-kali.

Dia lalu mengatakan sempat mendengar tiket konser terjual habis. Setelah ini, kata dia, ada kemungkinan grupnya tampil di stadion atau lokasi yang lebih luas lagi.

Sementara itu, Joshua tampaknya tak kesulitan menuturkan kata-kata dalam bahasa Indonesia. Dia mengatakan, "Jakarta apa kabar. Kami kangen sekali. Saya Joshua SEVENTEEN. Terima kasih,".

6. Konser dihadiri keluarga personel grup

Personel termuda grup alias maknae Dino mengatakan konser malam itu dihadiri keluarga para anggota, salah satunya ayahnya.

"Sebetulnya ada keluarga member kami dan aku rasa keluarga kami senang melihat kalian semua. Terima kasih sudah membuat keluarga kami bahagia," tutur dia.

Dino bahkan memperkenalkan sang ayah dan memintanya menari sebentar. Sang ayah menyambutnya dengan tarian.

7. Momen sedih Seungkwan

Seungkwan sempat mencurahkan perasaan sesalnya di sela gelaran konser. Rasa sesal dia tujukan pada sang ibunda yang tengah berulang tahun. Seungkwan mengaku sempat cek-cok dengan ibunya sebelum bertolak ke Indonesia.

Baca juga: Seventeen akan gelar konser di ICE BSD bulan September

"Aku mau minta maaf sama ibu. Aku mau bilang aku cinta ibu," kata Seungkwan yang kemudian mengucapkan terima kasih karena para penggemar atau CARAT memberinya kesempatan mengeluarkan isi hati.
Grup idola K-pop SEVENTEEN dalam gelaran konser "[BE THE SUN] IN JAKARTA di ICE BSD City, Sabtu (24/9/2022). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
 
Grup idola K-pop SEVENTEEN dalam gelaran konser "[BE THE SUN] IN JAKARTA di ICE BSD City, Sabtu (24/9/2022). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


8. Kesan -kesan dan harapan para personel grup

Mingyu berharap dapat bertemu kembali dengan CARAT Indonesia di lokasi yang lebih luas lagi. Dia berterima kasih karena para penggemar sabar menunggu kehadiran grupnya walau lebih lama dari dugaannya.

Jeonghan memuji energi luar biasa para penggemar yang kala itu hadir di konser. Dia yang juga tak bisa berpartisipasi dalam konser dua tahun lalu hingga akhir bersyukur dapat mengakhiri konser kali ini.

"Seru sekali. Energi kalian luar biasa. Dalam konser terakhir badanku tidak terlalu baik, jadi tidak bisa sampai akhir. Tapi kali ini aku senang karena bisa bareng sampai akhir. Kami ingin segera bertemu kembali," ucap dia.

Baca juga: Album baru Seventeen "Face the Sun" pecahkan rekor penjualan

Joshua berjanji akan kembali lagi ke Indonesia melalui gelaran konser mendatang.

Wonwoo berharap para penggemar tetap sehat dan dapat menyaksikan kembali penampilan grupnya di masa depan.

S.Coups berterima kasih pada penggemar atas dukungan dan cinta mereka. Dia juga mengisyaratkan akan menggelar konser di lokasi yang lebih luas.

The8, Vernon dan DK mengaku bahagia bertemu para CARAT dan berupaya kembali secepatnya dengan tampilan lebih baik.

"Terima kasih, setelah (hampir) tiga tahun tidak bisa bertemu, tapi suasana yang dibangun CARAT luar biasa. Rasanya senang bisa menyelesaikan ending. Kami akan kembali, datang lagi ya," kata DK.

Jun berharap dapat menyanyikan lebih banyak lagu dalam konser mendatang. Sementara itu, Seungkwan meminta maaf karena para CARAT harus menunggu lama untuk dapat bertemu dia dan grupnya.

Woozi berjanji akan mengingat momen dan energi malam itu. Dino mengatakan momen malam itu membahagiakannya dan berterima kasih pada penggemar.

SEVENTEEN menutup konser yang berlangsung sekitar tiga jam dengan melantunkan lagu "VERY NICE". Seperti biasanya, mereka berkali-kali menyanyikan bagian lirik "aju nice" bersama penggemar.

Baca juga: SEVENTEEN hadirkan album Jepang pada November

Baca juga: B.I, ITZY, dan SEVENTEEN bintangi kampanye "K-Pop ON!" Spotify

Baca juga: SEVENTEEN akan rilis single kolaborasi dengan Anne-Marie

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022